Home News Hingga Akhir Desember Kominfo Hadirkan Internet di 2.900 Puskemas

Hingga Akhir Desember Kominfo Hadirkan Internet di 2.900 Puskemas

57
0
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate saat menyampaikan informasi program Kominfo pada acara dialog dan ramah tamah dengan warga Diaspora/perantau NTT di DIY di Sasando Resto&Coffee Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (16/10/2020) malam. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menargetkan hingga akhir Desember 2020 akan terpasang 250 akses internet kecepatan tinggi/super wifi di 215 puskesmas dari total 285 puskesmas yang gelap atau belum terjangkau internet di seluruh NTT. Sementara sisanya akan dipasang pad tahun 2021.

Ini merupakan bagian dari target Kominfo untuk menyelesaikan dan menghadirkan akses internet di 2.900 pusat layanan kesehatan di seluruh Indonesia dalam waktu 3 bulan. Program ini dalam rangka digitalisasi di bidang kesehatan (telehealth) untuk membantu memangkas Covid-19, termasuk di dalamnya.

“Tahun ini, dalam waktu 3 bulan Kominfo akan menyelesaikan dan menghadirkan akses internet di 2.900 pusat layanan kesehatan/puskesmas di seluruh Indonesia, termasuk di dalamnya 250 akses internet kecepatan tinggi akan terpasang di 215 puskesmas di NTT yang dihubungkan langsung dengan satelit yang ada di orbit saat ini,” kata Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam acara dalog dan ramah tamah dengan warga Diaspora/perantau NTT di DIY di Sasando Resto&Coffee Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (16/10/2020) malam.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate (tengah) saat melakukan talkshow d studio Radio Sasando FM sebelum acara dialog dan ramah tamah dengan warga Diaspora/perantau NTT di DIY di Sasando Resto&Coffee Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (16/10/2020) malam. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dalam acara yang dihadiri sesepuh diaspora NTT Drs John Keban, Daniel Damaledo SE, Amos Corputy serta perwakilan mahasiswa dari 22 IKPM se-NTT dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu, Johnny G Plate bahwa itu merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam melakukan akselerasi penyediaan akses internet untuk fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di seluruh Indonesia, termasuk di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Menurut pria asal Manggarai, Flores, NTT ini, ada tiga agenda pentng yang dilakukan Kominfo adalah optimalisasi telekomunikasi antar dan intra fasyankes, peningkatan kualitas arus data fasyankes serta pemanfaatan aplikasi kesehatan berbasis digital khususnya di daerah-daerah 3T.

Dikatakan, layanan akses internet ini akan mencakup rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang belum memiliki akses internet atau yang sudah tersedia tetapi fasilitas atau layanannya belum memadai.

Mengacu pada data Kementerian Kesehatan, Menteri Johnny mengatakan bahwa hingga 31 Desember 2019 masih ada 2.877 rumah sakit dan 10.134 puskesmas di Indonesia dengan total keseluruhan 13.011 fasyankes. Dan Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI Kominfo telah mengidentifikasi di antara 13.011 fasyankes tersebut, dimana masih ada 3.126 fasyankes yang membutuhkan optimalisasi layanan internet.

“Dari 3.126 titik tersebut di tahun 2019, BAKTI Kominfo telah menyediakan akses internet di 226 titik fasilitas layanan kesehatan. Sedangkan pada tahun 2020 ini, melalui kerjasama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), BLU BAKTI Kominfo akan melakukan percepatan pembangunan akses internet di 2.192 fasilitas layanan kesehatan,” kata Johnny G Plate seperti dikutip Bernasnews.com dari kominfo.go.id.  

Sementara sisa 708 fasilitas layanan kesehatan akan diselesaikan pada kuartal I tahun 2021. Dengan kata lain 3.126 titik layanan itu dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama tahun 2020 in dan tahap kedua (sejumlah) 2.192 akan dibangun di kuartal keempat atau mulai sekarang sampai dengan Desember 2020 dan sisanya pada kuartal pertama tahun 2021 sebanyak 708 layanan kesehatan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here