Home Ekonomi Himpunan Pengusaha Nahdliyin Siap Go Digital

Himpunan Pengusaha Nahdliyin Siap Go Digital

119
0
Peserta Pra Raker dan Penetapan Pengurus Wilayah HPN DIY, Jumat (11/6/2021), di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. (Foto: Kiriman YSS)

BERNASNEWS.COM — Pengurus Wilayah Himpunan Pengusaha Nahdliyin (PW HPN) Daerah Istimewa Yogyakarta selenggarakan Raker dan Penetapan Pengurus PW HPN, Jumat 11 Juni 2021, di Hotel Royal Ambarrukmo, Jalan Adisutjipto, Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai konsolidasi awal pengurus serta mensosialisasikan rencana program kerja. Untuk diketahui, bahwa Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) didirikan pada tanggal 14 Juli 2011. Pendirian HPN diinisiasi dan difasilitasi oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“HPN berfungsi sebagai wadah berhimpun bagi setiap pengusaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar yang menyetujui asas dan prinsip perjuangan HPN,” jelas Wawan Hermawan, SE, MM selaku Ketua Umum HPN PW HPN DIY dalam rilisnya.

Dikatakan, selanjutnya HPN juga berfungsi sebagai wahana meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha serta memperkokoh dan memperluas jaringan usaha anggotanya. Fungsi yang ketiga adalah sarana representasi pengusaha Nahdliyin. “Yaitu, memperjuangkan kepentingan kewirausahaan, advokasi terhadap anggotanya dan pelaku usaha umumnya, inkubasi bagi lahirnya pengusaha baru, serta pembinaan khusus bagi pengusaha Nahdliyin,” ungkap Wawan.

Ketua Umum HPN PW HPN DIY Wawan Hermawan, SE, MM. (Foto: Kiriman YSS)

Tujuan HPN, terang Wawan, adalah mewujudkan Pengusaha Nahdliyin yang berkarakter kuat, bermartabat, berdaya cipta, dan berdaya saing tinggi serta beretika bisnis Islami dalam wadah HPN. Di samping itu, HPN juga bertujuan  mewujudkan Pengusaha Nahdliyin yang profesional.

Selanjutnya Wawan Hermawan menyampaikan, bahwa PW  HPN DIY akan merealisasikan “go digital” bagi anggotanya. “Dalam era norma baru digitalisasi harus dikedepankan baik dalam pembayaran maupun penjualan secara online,” ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Pembina PW HPN DY KH Fahmy Akbar Idries berharap, HPN PW DIY harus berani tampil high profile yaitu “beda dan gagah” dibanding HPN wilayah lain. “Harapan tersebut adalah sesuai dengan salah satu program kerja yang ditetapkan oleh PW HPN DIY,” kata KH Fahmy.

PW HPN DY sendiri telah menetapkan program kerja sebagai berikut, Pertama, Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata untuk itu PW HPN DIY akan fokus pada pengembangan Halal Tourism dan Halal Product yang dipasarkan melalui aplikasi market place secara khusus. Kedua, penguatan kemampuan sumber daya manusia, dimana akan dilakukan sinergi dengan Pesantren, Pemda DIY, BI DIY, OJK DIY, ISEI DIY, dan KADIN DIY.

Ketiga, PW HPN DIY ingin merubah kesan Pengusaha Nahdliyin adalah pengusaha kecil dan termajinalkan sehingga Pengusaha Nahdliyin akan tampil lebih high profile dan yakin mampu bersaing dalam dunia usaha.

Hadir dalam acara Pra Raker dan Penetapan Pengurus PW HPN DIY antara lain. KH. Fahmy Akbar Idries, Ketua Dewan Pembina; Drs. Asma’i Ishak, PhD, Wakil Ketua Dewan Pembina; Prof dr. Hamam Hadi, MS, Sc.D., Sp.GK, Dewan Pakar dan Amirullah Setya Hadi, PhD selaku Dewan Pakar. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here