Hendak Membuka Fakultas Kedokteran, UAJY Minta Dukungan dan Restu Gubernur DIY

    450
    0
    Rektor UAJY Prof Yoyong Arfiadi. Foto : Dok UAJY


    BERNASNEWS.COM – Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) meminta dukungan dan restu dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membuka Fakultas Kedokeran maupun fakultas atau program studi lainnya.

    “Kami bermaksud mengenalkan prodi baru di universitas kami untuk mendukung Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan. Kami mohon doa restu supaya rencana pembentukan Fakultas Kedokteran dan program studi (prodi) lain mendapat restu dari Sri Sultan,” kata Rektor UAJY Prof Yoyong Arfiadi dalam audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta, hari Senin (10/5/2021).

    Menurut Prof Yoyong, selain Fakultas Kedokteran, UAJY juga tengah merencanakan pembukaan Prodi Teknologi Pangan dan S2 Akuntansi. ”Ke depan, kami merencanakan prodi lain untuk mengembangkan pendidikan di Yogyakarta yang tentunya lebih berkualitas,” kata Prof Yoyong.

    Dikatakan, sebagai universitas yang beroperasi sejak tahun 1965, UAJY senantiasa menyelenggarakan pendidikan bermutu. “Kita kan harus menyediakan beragam jenis prodi di Yogyakarta. Selama ini, kami berusaha menyelenggarakan pendidikan bermutu sehingga kami memberanikan diri sesuai rencana induk pengetahuan di universitas kami,” kata Prof Yoyong dkutip Bernasnews.com dari Humas Pemda DIY pada Senin 10 Mei 2021.

    Menurut Prof Yoyong, banyak yang perlu dikembangkan di Jogja. “Perlu memikirkan kebutuhan internasional. Jadi, yang perlu dipikirkan universitas, kompetensi dan sertifikasi kerja agar lulusan kita bisa bekerja di banyak tempat termasuk bekerja di luar negeri,” kata Prof Yoyong.

    Selain itu, yang tak bolehdikesampingkan dalam upaya peningkatan kapasitas atau kompetensi masyarakat adalah dengan melibatkan masyarakat pada program-program dan proses ekonomi. “Untuk hal ini, juga dibantu dengan pendekatan budaya,” kata Prof Yoyong.

    Sementara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap universitas bisa berperan lebih banyak dalam meningkatkan kapasitas dan sertifikasi lulusan. Dengan demikian, diharapkan para lulusan semakin berpeluang untuk berkarya di mana pun berada. 

    Sri Sultan yang didampingi Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana berharap agar UAJY dapat membuka potensi kerjasama dengan Pemda DIY, seperti yang telah dilakukan dengan universitas lain.

    Menanggapi hal itu, Prof Yoyong mengaku bahwa ajakan itu menunjukkan perhatian Ngarsa Dalem sangat tinggi akan mutu pendidikan masyarakatnya. (lip)


    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here