Home News Heboh Foto Ular Aneh Melingkari Saka Keramat di Kraton Yogyakarta

Heboh Foto Ular Aneh Melingkari Saka Keramat di Kraton Yogyakarta

603
0
Ular jenis Dudak Krawang melingkari secara temu gelang pada salah satu saka (tiang) Kraton Yogyakarta. (Foto: istimewa)

BERNASNEWS.COM — Heboh di jagad maya beredar foto ular melingkari saka atau tiang bangunan Kraton Yogyakarta yang dianggapnya keramat, tepatnya pendapa Magangan sisi Selatan. Kejadian ular konon jenis Dudak Krawang itu melingkari saka secara temu gelang (kepala dan ekor bertemu), tepat malam Jumat atau Kamis (8/10/2020), sekitar pukul 22:00 WIB juga bertepatan peringatan Haul Sultan HB IX.

Didik warga kampung dekat Kraton Yogyakarta yang juga sebagai abdi dalem saat dikonfirmasi oleh Bernasnews.com, Selasa (20/10/2020), membenarkan kejadian ular melingkari saka di atas batu ompak yang tengah menjadi viral itu. “Kejadian ular dalam foto itu benar adanya. Menurut security kraton adalah ular jenis Dudak Krawang,” ujar Didik.

Sementara Bu Sri warga Kampung Suryoputran yang administrasi kewilayahannya menjadi satu dan dekat dengan keberadaan Kraton Yogyakarta mengatakan, bahwa dirinya mengetahui perihal ular aneh tersebut dari grup whatsapp (WA) alumni sekolahnya. “Padahal kejadian itu minggu lalu, saya malah tahu dari WA baru hari ini,” kata Bu Sri.

Menurutnya, kalau ada kejadian apa atau dawuh apa dari kraton warga kampung bisa dipastikan tahu. “Selain banyak yang berprofesi jadi abdi dalem, juga ada pasar Kluwih tentunya berita kraton cepat menyebar tapi ini kok nggak. Yah semoga aja bermakna kebaikan,” tutup Bu Sri.

Foto ular melingkari saka pendapa Kraton Yogyakarta itu beredar di dunia maya dengan disertai narasi oleh pengirimnya yang mengaku bernama Aryo Salugu sebagai berikut;

Kamis kemarin ada ular melingkar di soko sisih kidul dipendopo magangan kraton Ngayogyokarto.

Soko yg dikeramatkan soko magangan sisih kidul. Ularnya melingkari soko secara penuh (tepung gelang).

Klo saya menduga andaikata Indonesia mengalami kekacauan,Yogyakarta  sdh dipagari melingkar penuh (tepung gelang) prajurit / abdi magang seka kudul.

Maaf saya berspekulasi / nglenik tdk dpt menjelaskan dg cara lain.

Ularnya juga aneh.

Saya blm pernah melihat ular spt itu.

Ular Duduk Karawang….saya tdk dpt nenjelaskan lebih lanjut selain menyampaikan  Ulo poleng ada di Tanah lot.. ular duduk karawang ono  nang pesisir kidul.

Maaf saya tegaskan itu Yogyakarta.

Smg sebagai perlambang yg dilingkari bukan hanya Yogya tp seluruh Indonesia..

Klo Ind simbolnya lain.

Sekedar mengingatkan lho.

Lihatlah motifnya spt pamor keris yg biasa disebut  “beras wutah” (maaf lihatlah  dgn mata hati dlm keheningan)

Aryo Salugu.

Demikian ujar dari pengirim yang diterima oleh beberapa grup whatsaap, termasuk warga kampung seputaran wilayah nJeron Beteng, Kecataman Kraton, Yogyakarta. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here