Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsHeboh Acara Wisuda dan Tutup Tahun TK Negeri 3 Jogja, Guru dan...

Heboh Acara Wisuda dan Tutup Tahun TK Negeri 3 Jogja, Guru dan Karyawan Ikut Unjuk Kebolehan

bernasnews.com – Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 3 Yogyakarta menggelar acara Pelepasan dan Tutup Tahun, Tahun Ajaran 2021-2022, dengan tema ‘Mari Kita Wujudkan dan Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini yang Berkarakter, Kreatif, Inovatif, Cerdas dan Mandiri’, Kamis (23/6/2022), bertempat di Aula sekolah, Suryoputran, Yogyakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh murid TK Negeri 3 Yogyakarta, orang tua wali murid, serta hadir Pengawas Sekolah TK se-Kemantren (Kecamatan) Kraton, tamu undangan dan tokoh Kampung Suryoputran meliputi perwakilan RW dan RT setempat.

Kepala Sekolah TK Negeri 3 Yogyakarta Kamilah, S.Pd mengalungkan samir sebagai tanda kelulusan pada seorang murid kelas B. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

Di sela-sela kegiatan, Kepala Sekolah TK Negeri 3 Yogyakarta Kamilah, S.Pd menjelaskan, bahwa acara pelepasan (wisuda) ini dilaksanakan secara luring adalah kali pertamanya semenjak kejadian pandemi Covid-19. “Murid yang diwisuda ada 23 anak, terdiri 13 laki-laki dan 10 perempuan. Keseluruhan murid kelas A dan B sejumlah 66 anak,” terang dia.

Sedangkan untuk Tahun Ajaran 2022-2023, lanjut Kamilah, pendaftaran telah dilakukan tanggal, 6 – 10 Juni 2022 lalu. “Biaya pendaftaran gratis dan alhamdulillah target kuota murid terpenuhi, memperoleh 21 murid baru,” kata dia.

Sebagian murid TK Negeri 3 Yogyakarta yang telah wisuda atau lulus foto bersama dengan menunjukkan ijazah atau surat tanda lulus belajar. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

Pihaknya juga berharap, bahwa pandemi ini benar-benar telah usai dan dinyatakan menjadi endemi sehingga kegiatan pembelajaran tatap muka bisa lebih optimal. “Begitu pula kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband, angklung, melukis, menari, serta kegiatan agama dapat dilakukan kembali. Sehingga minat dan bakat murid dapat dikembangkan maskimal,” beber Kamilah.

Sementara itu, Pengawas Sekolah TK Kemantren (Kecamatan) Kraton Irma Darmayanti, S.Pd mengungkapkan, bahwa acara tutup tahun ini terlihat keceriaan anak-anak yang selama dua tahun tidak nampak. “Meskipun baru 4 bulan pembelajaran tatap muka, sosialisasi anak-anak telah terlihat. Inilah hasil pendidikan karakter yang dilakukan oleh TK Negeri 3 Yogyakarta,” kata Irma, dalam sambutan dinasnya.

Murid kelas B TK Negeri 3 Yogyakarta menyanyi bersama lagu ‘Bersekolah’, dengan melambai-lambaikan bintang merah putih sebagai bentuk kegembiraan atas kelulusan. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

Dikatakan, pendidikan karakter itu barupa pendidikan Pancasila, yang terdiri dari pendidikan kebhinekaan dan pendidikan kegotongroyongan. “Bapak ibu tidak usah khawatir putra-putrinya tidak dapat menulis dan membaca karena sekolah juga menyediakan Pojok Baca, yaitu berupa kegiatan literasi untuk murid-murid TK Negeri 3,” tegas Irma.

Acara yang cukup meriah ini, selain berupa pengalungan samir tanda wisuda kelulusan serta penyerahan surat tanda lulus belajar. Juga diisi unjuk kebolehan segenap siswa, nyanyi dan menari. Menariknya pada acara Pelepasan dan Tutup Tahun 2022 yang kali pertama diselenggarakan secara luring semenjak pandemi, guru dan karyawan TK Negeri 3 Yogyakarta pun tak mau kalah unjuk kebolehan menari. (ted)                                         

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments