Home News Hati-hati Parkir Kendaraan di Alkid Kalau Tidak Pingin Ketilang, Berikut Rambu Larangan...

Hati-hati Parkir Kendaraan di Alkid Kalau Tidak Pingin Ketilang, Berikut Rambu Larangan Parkir yang Baru

288
0
Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memasang beberapa rambu larangan parkir di sisi dalam jalan yang melingkar di Alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Perkembangan kekinian Alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta yang telah menjadi ‘destinasi wisata’ bagi warga lokal sekitarnya maupun warga masyarakat dari luar, menimbulkan persoalan baru bagi masyarakat umum yaitu, kelancaran lalulintas jalan akibat padatnya kendaraan parkir.

Tanah lapang kagungan nDalem (milik) Kraton Yogyakarta yang tengahnya berhiaskan pohon beringin kembar ini memang bagaikan magnit, baik bagi, sore dan malam banyak warga berkunjung di bangunan heritage ini. Ada yang sekadar duduk-duduk santai, bermain, dan ada pula yang lakukan giat olahraga.

Salah satu dari beberapa rambu tanda larangan parkir yang dipasang di sisi dalam jalan melingkar Alkid, foto diambil Rabu (15/9/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Kepala Kemantren Kraton Yogyakarta Drs. S. Widodo Mujiyatno menjelaskan, bahwa untuk membuat kelancaran dan kenyamanan bagi masyarakat sekitar dan pengguna jalan di Alkid maka dibuatlah tanda marka jalan, serta pemasangan tanda larangan parkir pada sisi dalam di jalan yang melingkari tanah lapang tersebut.

“Kemarin (Selasa, 14/9) kami bersama Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta membuat tanda marka jalan dan tanda larangan parkir sisi dalam jalan yang melingkar di seputaran Alun-alun Kidul,” terang Widodo saat dikonfirmasi adanya rambu larangan parkir di Alkid oleh Bernasnews.com, Rabu (15/9/2021).

Dikatakan, bahwa rencana larangan parkir tersebut juga telah disosialisasikan pada perwakilan pengurus Paguyuban Pelaku Pariwisata Alun alun Kidul (Paparasi Alkid) Yogyakarta dan hasil pertemuan pada tanggal 24 Agustus 2021 lalu. Semoga masyarakat pengguna jalan mengetahui.

“Saat membuat marka jalan dan pemasangan rambu larangan parkir dari pihak Kraton Yogyakarta yang diwakili oleh Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Panitrapura dan KHP Puraraksa juga hadir menyaksikan,” beber Widodo.

Salah satu rambu tanda larangan parkir yang dipasang di sisi utara lapangan bagian barat. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sementara itu, Norontoko juru parkir (jukir) Alkid saat ditanya berkenaan adanya rambu larangan parkir di sisi dalam terkait dengan penghasilan parkir, ia mengatakan sangat berpengaruh. “Pendapatan dari parkir jelas akan berkurang atau menurun. Tapi gimana lagi sebagai kawulo hanya namung sendika dawuh,” ujarnya pasrah.

Seperti telah diketahui, jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda belahan dunia, Alkid telah menjadi destinasi wisata malamnya Kota Yogyakarta. Selain adanya lapak-lapak kuliner khas, juga ada beberapa wahan permainan antara lain, masangin yaitu masuk diantara dua pohon beringin dengan mata ditutup kain, egrang, dan odong-odong berhiaskan lampu warna-warni yang telah menjadi salah satu ikon pariwisata Jogja. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here