Home News Hari Libur Maulid Nabi, Obyek Wisata Dipadati Wisatawan

Hari Libur Maulid Nabi, Obyek Wisata Dipadati Wisatawan

64
0
Mobil-mobil pengunjung memadai Tlogo Putri Kaliurang, Pakem, Sleman, Rabu (20/10/2021). Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu, 20 Oktober 2021, dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi obyek wisata. Seperti terlihat di obyek wisata alam Kaliurang, Pakem, Sleman, ratusan bahkan ribuan wisatawan mendatangi obyek wisata dengan udara yang sejuk itu.

Dari pengamatan Bernasnews.com pada Rabu, 20 Oktober 2021 siang hingga sore, para wisatawan hilir mudik mendatangi obyek wisata andalan Kabupaten Sleman tersebut. Mereka bebas keluar masuk karena belum ada penarikan retribusi ke obyek wisata tersebut.

Selain menikmati udara sejuk, para wisatawan menikmati makanan dan minuman di warung-warung yang dibuka warga, terutama yang berada di depan taman rekreasi Kaliurang maupun di Tlogo Putri. Para wisatawan yang sebagian besar warga lokal itu juga menikmati makanan khas Kaliurang seperti jada dan tempe bacem.

“Alhamdulillah sudah mulai ramai, terutama pada hari Sabtu dan Minggu maupun hari-hari libur seperti hari libur peringatan Maulud Nabi ini. Semoga keadaan semakin membaik,” kata Bu Ning, pemilik warung makan Bu Ning di tepi jalan sisi barat sebelum Gardu Pandang Kaliurang kepada Bernasnews.com, Rabu 20 Oktober 2021.

Kendaraan wisatawan memadati tempat parkir Tlogoputri Kaliurang, Minggu (4/10/2020) pagi. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Bu Ning hampir setiap hari banyak wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang. Meski belum sepenuhnya normal seperti sebelum pandemi Covid-19 namun para pengunjung sudah lumayan banyak. Mereka memenuhi warung-warung makan yang disediakan warga Kaliurang.

Hampir semua warung makan dipenuhi pengunjung. Sementara halaman-halaman hotel juga dipenuhi mobil para tamu yang menginap. Seperti terlihat di halaman @KHotel puluhan mobil, termasuk sejumlah mobil berplat merah, memadati halaman parkir @KHotel. Sementara halaman parkir Tlogo Putri jug dipadati mobil-mobil pengunjung.

Banyaknya pengunjung yang datang ke obyek wisatawan tersebut terjadi setelah kondisi DIY turun ke PPKM Level 2 sejak 19 Oktober 2021. Dengan PPKM Level 2 maka dilakukan pelonggaran dalam aktivitas masyarakat, termasuk kunjungan ke obyek wisata.

Seperti diberitakan Bernasnews.com, mulai Selasa, 19 Oktober 2021, status DIY turun ke level dua PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Dengan berada di PPKM Level 2 maka aktivitas masyarakat DIY mendekati normal karena ada kelonggaran-kelonggaran yang ditetapkan.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 53 tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali, tertanggal 18 Oktober 2021, untuk Provinsi DIY, kabupaten/kota yang masuk PPKM Level 2 adalah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Gunungkidul.

Dengan turun ke PPKM Level 2, maka fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan menerapkan: mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dan/atau kementerian/lembaga terkait; wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai; anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk di tempat wisata yang sudah menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dengan syarat didampingi orangtua. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here