Home News Hari Ini DIY Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Angin Kencang

Hari Ini DIY Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Angin Kencang

48
0
BMKG. Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM – Pada hari Senin, 22 November 2021siang hingga sore, diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di DIY.

Menurut informasi BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta yang diperoleh Bernasnews.com pada Senin 22 November 2021, wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang tersebut adalah wilayah Sleman, Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian utara, Gunungkidul bagian utara dan timur.

Sementara pada malam hari berpotensi hujan ringan terjdi di wilayah Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian selatan dan Bantul bagian selatan. Dan pada Selasa dini hari berawan.

Suhu udara antara 20-30 ° C dengan kelembapan udara antara 70-96 persen. Angin akan bertiup dari arah Barat Laut – Tenggara dengan kecepatan maksimum 25 km/jam. Sedangkan prakiraan gelombang laut adalah tinggi gelombang di Perairan Yogyakarta berkisar antara 1,5-2,5 meter dengan kkategori sedang.

Dengan kondisi tersebut BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan sedang – lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Sleman, Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian utara, Gunungkidul bagian utara dan timur.

Sementara itu, berdasarkan analisa streamline terdapat pusat tekanan rendah (Siklonik “90S”) di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat. Pusaran Angin (Sirkulasi Siklonik) terjadi di Perairan Barat Aceh, Perairan Anambas, Laut Natuna Utara. Kemudian, pertemuan ngin (Konvergensi) terjadi di Samudera Hindia Barat Bengkulu, Perairan Lampung, Laut Jawa, Perairan Selatan Sumba, Samudera Hindia Selatan NTT, Laut Natuna Utara, Perairan Kalimantan Tengah, Perairan Tanimbar, Perairan Sarmi, Laut Aru, Perairan Agats.

Pembelokan ngin (Shear) terjadi di Perairan Aceh, Selat Malaka, Selat Sunda bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Jabar, Laut Flores, Teluk Banggai, Teluk Tomini, Perairan Gorontalo, Laut Sulawesi, Perairan Sangihe/Talaud, Perairan Utara Morotai.Kondisi ini berpotensi terjadi hujan Ringan hingga Lebat (EKSTREM) yang dapat disertai Angin Kencang dan Kilat/Petir disekitar/sepanjang Tekanan Rendah, Pusaran Angin, Pertemuan Angin dan Pembelokan Angin tersebut.

Dengan kondisi tersebut, diharapkan siaga dan waspada terhadap anomali/perubahan cuaca dampak tidak langsung sirkulasi bibit siklon 90S hingga 3 hari ke depan untuk wilayah Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jatim, Bali dan NTB. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here