Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeEkonomiHarga Cabai Mahal Akibat Anomali Cuaca

Harga Cabai Mahal Akibat Anomali Cuaca

bernasnews.com – Harga cabai mahal terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan ada yang harganya mencapai Rp 100 per kilogram. Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Prihasto Nugroho, menyebut harga cabai yang mahal tersebut dipengaruhi karena anomali cuaca.

Menurut dia, intensitas hujan yang masih tinggi selama periode Mei hingga Juni serta serangan penyakit bisa memengaruhi pertumbuhan cabai. Alhasil hal itu berdampak pada produksi cabai. Tak hanya itu kecenderungan petani beralih ke tanaman lain juga jadi salah satu penyebabnya.

“Tingginya harga di beberapa daerah akibat situasi anomali cuaca. Kemudian berdasar identifikasi Kementan, penurunan sendiri banyak dipengaruhi oleh faktor petani yang banyak mengubah haluan tanaman mereka dari cabai ke pertanian padi,” kata Prihaso, Minggu (26/6/2022).

Terkait anomali cuaca tersebut, Prihasto menyebut bahwa itu bisa disikapi dengan memilih varietas tanaman cabai yang sesuai. Harapannya varietas cabai yang tepat, petani bisa terhindar dari risiko gagal panen.

“Hal ini menjadi sebuah pembelajaran juga pada semua pihak khususnya petani cabai untuk pandai-pandai memilih varietas. Kalau curah hujan tinggi seperti sekarang ini harus memilih varietas yang sesuai curah hujan yang ada sehingga tidak terjadi kegagalan panen.

Berdasarkan data BPS pusat, hasil panen cabai secara nasional di seluruh provinsi saat ini memang tengah mengalami penurunan sekitar 7 hingga 10 persen dari tingkat rata-rata produksi bulanan. Pemerintah kini tengah berupaya untuk mengatasi penurunan hasil panen cabai untuk menjaga pasokan di Indonesia.

“Iklimnya memang tidak bisa kita duga-duga. Kami menempuh upaya pengendalian hama penyakit yang menyerang tanaman cabai di ribuan hektare lahan sejak bulan Mei lalu. Kami juga akan membagikan bantuan bibit kepada para petani pada musim tanam berikutnya, khususnya petani yang terdampak agar saat musim tanam tiba semuanya telah siap,” katanya. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments