Home News Hadirkan Menlu Retno Marsudi, UII Gelar Seminar Membaca Masa Depan Palestina

Hadirkan Menlu Retno Marsudi, UII Gelar Seminar Membaca Masa Depan Palestina

153
0
Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang. Foto : kumparan.com

BERNASNEWS.COM – Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya menunjukkan kepedulian terhadap isu-isu kemanusiaan global, termasuk yang terkait dengan eskalasi konflik antara Israel dan Palestina.

Dalam konflik tersebut setidaknya 219 orang Palestina, termasuk 63 anak-anak, telah meninggal dan 1.500 warga lainnya luka-luka di Gaza sejak konflik memanas pada 10 Mei. Sementara itu, diberitakan 12 warga di Israel meninggal, termasuk 2 anak dan 300 orang mengalami luka-luka.

Menurut Ratna Permata Sari, S.I.Kom MA, Kepala bidang Humas UII, dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com pada Jumat, 21 Mei 2021, mengatakan, untuk merespon hal itu, UII menggelar Seminar Nasional dengan teman Membaca Masa Depan Palestina: Tinjauan Sejarah, Politik, dan Hak Asasi Manusia yang akan diadakan pada Sabtu, 22 Mei 2021 pukul 08.30-12.00 WIB.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, sebagai keynote speaker. Sisi menarik dari seminar ini karena menghadirkan narasumber multi perspektif dari berbagai latar belakang, mulai dari birokrat, akademisi, dan aktivis kemanusiaan, seperti Bagus Hendraning Kobarsyih (Direktur Timur Tengah, Direktorat Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu RI) dan Zuhair Al-Shun (Duta Besar Palestina untuk Indonesia).

Sedangkan dari aktivis kemanusiaan, turut hadir Sarbini Abdul Murad (Wakil RS Indonesia di Gaza dan Ketua Presidium MER-C) dan Abeer Z Barakat (Aktivis Palestina). Kemudian narasumber dari kalangan akademisi, Gustri Eni Putri (Dosen Prodi Hubungan Internasional UII) dan Eko Riyadi (Direktur Pusat Studi HAM UII).

Tujuan menghadirkan narasumber yang multi perspektif dalam seminar ini, menurut Ratna, tidak lain agar mendapatkan perspektif yang mendalam dari dimensi sejarah, politik dan hak asasi manusia tentang konflik Palestina-Israel. Dari beragam perspektif itu, diharapkan membantu memetakan dinamika politik serta menawarkan solusi atas permasalahan yang terjadi di wilayah Palestina.

Menurut Ratna, seminar ini terbuka untuk umum. Masyarakat dapat menyimak live streaming seminar melalui kanal YouTube Universitas Islam Indonesia di tautan uii.id/livepalestina mulai pukul 08.30 WIB. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here