Home News Guru SMA BOSA Ikuti Pelatihan Pengisian SPT Tahunan Pribadi

Guru SMA BOSA Ikuti Pelatihan Pengisian SPT Tahunan Pribadi

8574
0
Guru-guru SMA BOPKRI 1 Yogyakarta mengikuti pelatihan pengisian SPT Tahunan pribdi, Kamis (12/3/2020). Foto: Birgitta Feva.

BERNASNEWS.COM — Perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan juga mampu memfasilitasi setiap kegiatan manusia. Salah satunya adalah terkait pengurusan pajak Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Tahunan pribadi.  Rupanya saat ini pengisian SPT Tahunan kini bahkan bisa diurus dengan begitu cepat.

Suasana pelatihan pengisian SPT Tahunan pribadi bagi para guru SMA BOSA, Yogyakarta. (foto: Birgitta Feva)

Guru-guru SMA BOPKRI 1 (SMA BOSA) Yogyakarta kali ini mengikuti pelatihan pengisian SPT Tahunan pribadi. Sartana, Waka Humas SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, mengungkap, bahwa pelatihan ini untuk memfasilitasi guru maupun karyawan agar mampu mengurus SPT Tahunan secara mandiri.

“Sebagian besar karyawan pemegang NPWP wajib melalpor harta kepada negara. Darimana seberapa dalam setahun berapa jumlah kalau memenuhi PTKP harus dibayar,” kata Sartana, Kamis (12/3/2020) di SMA BOSA, Yogyakarta.

“Ini sampai 31 Maret ditunggu supaya kita tidak memiliki kesulitan. Ya berpikirnya sebagai warganegara lah memenuhi kewajiban,” sambungnya.

Seorang guru sedang berlatih mengisi SPT Tahunan pribadi secara online, di ruang komputer SMA BOSA, Yogyakarta. (Foto: Birgitta Feva)

Sementara itu Triyanto Ismarsono selaku trainer perpajakan, mengatakan, keuntungan mampu mengisi SPT Tahunan secara mandiri adalah bisa mempertanggungjawabkan hal yang diisikan. “Secara mandiri biar kita tahu langkah seperti apa biar kita bisa mempertanggungjawabkan apa yang kita isikan,” ungkapnya.

Selain data sesuai, menurut Triyanto Ismarsono, keuntungan lainnya yang didapatkan dari mengisi data secara mandiri adalah guru maupun karyawan tidak perlu repot mengantri di kantor pajak Pratama.

“Sebetulnya nggak ribet juga. Ini lebih nyaman. Satu, kita tidak perlu ribet laporan ke kantor pajak yang antrinya panjang. Dan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, menguntungkan dari segi waktu,” pungkasnya. (birgitta feva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here