Home Pendidikan Guru MTsN 6 Kulon Progo Siap Kolaborasi dengan Bambang Pamungkas

Guru MTsN 6 Kulon Progo Siap Kolaborasi dengan Bambang Pamungkas

807
0
Guru MTsN 6 Kulon Progo Drs Sutanto dengan buku yang diterimanya dari KYM. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Guru MTsN 6 Kulon Progo dRS Sutanto semakin menikmati dunia literasi dengan mengikuti berbagai even. Dengan memanfaatkan waktu Work from Home (WfH) akibat wabah Covid-19 beberapa waktu lalu, ia terlibat dengan banyak kegiatan di Komunitas Yuk Menulis (KYM) Klaten pimpinan Vitriya Mardiyati.

Selain terlibat dalam menulis buku Menjadi Api Menjadi Arti, buku Serupa Kata Serupa Kita serta buku kumpulan 1.080 puisi berjudul Untuk Kita Yang Sedang Berjuang, guru yang hobi bermain catur ini menyiapkan diri menulis kolaborasi dengan Bambang Pamungkas (BP), pemain Persija Jakarta.

Kegiatan yang digagas KYM ini menjadi tantangan baru baginya, karena menumbuhkan energi positif bila berhasil menulis bareng pemain sepakbola Bambang Pamungkas. Baginya ini even yang sangat berharga, bisa berkolabrosi bersama tokoh nasional dalam bidang olahraga merupakan sesuatu yang membanggakan.

Guru SDN Ngemplak 1 Dwi Astuti. Foto : Istimewa

Founder KYM Vitriya Mardiyati menambahkan, even ini khusus bagi anggota KYM yang aktif saja. “Insyaallah even ini lebih kece lagi, tapi saya prioritaskan bagi anggota yang aktif ikut kegiatan KYM. Karena setelah ini perlu gerak cepat untuk tindaklanjutnya, maka hanya yang aktif saja yang bisa ikut,” kata Vitriya Mardiyati.

Beberapa anggota KYM lainnya juga sudah mempersiapkan diri mengikuti kolaborasi bersama BP di antaranya Guru IPA SMP Stella Duce 1 Yogyakarta Caecilia Agustina. Ia merasa tertarik ikut kolaborasi dengan Bambang Pamungkas karena ingin mengembangkan literasi dan memotivasi untuk membuat karya. Kemudian, Guru SD Mayangan, Gamping Sleman Yuli Istanti ikut kolaborasi dengan Bambang Pamungkas karena ingin membuat kenangan indah melalui tulisan dengan idolanya sejak SMP.

Guru SDN Cokro Ina Nur Cahyani mengaku een ini merupakan kesempatan yang langka bisa kolaborasi dengan pemain sepak bola, apa lagi temannya true story, menceritakan hal yang benar-benar dialami. Peserta dari  Colomadu Karanganyar Vivin bertekad ikut kolaborasi karena ingin mengisahkan perjuangan anak-anaknya. “Kedua anak saya salah satu atlet andalan Jawa Tengah,” imbuhnya.

Guru SMAN 1 Srandakan, Bantul Anna Suryaningsih MPd. Foto : Istimewa

Peserta lain juga telah mengirimkan karya terbaiknya dan tinggal menunggu kabar terbaik dari KYM, di antaranya Guru SMPN 3 Jatiwangi Iit Sutimah SPd menulis Pelita yang Pernah Hilang, Guru SMAN 1 Srandakan, Bantul Anna Suryaningsih MPd menulis Pendidikanku, Investasi untuk Anakku, Guru SDN Ngemplak 1 Dwi Astuti SPd membuat judul Perjuangan Cita-Citaku

Sutanto menambahkan, melalui komunitas yang diikuti ini banyak kejutan yang didapatkan. “Misalnya saat ikut workshop cerita anak, kita juga mendapat tambahan ilmu membuat komik, membuat sandiwara radio. Bahkan peserta yang aktif juga mendapat kejutan berupa buku,” kata Sutanto.

Dari keaktifan menulis, ia mendapat bingkisan 4 buku menarik dari KYM (Senja dan Kamu, Kolaborasi dengan Sapardi Djoko Damono Menenun Rinai Hujan part 1-2, Terasi Istimewa Ala Ziya). (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here