Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanGuru Harus Menjadi Teladan para Siswa di Bidang Literasi

Guru Harus Menjadi Teladan para Siswa di Bidang Literasi

BERNASNEWS.COM – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori SE MSi mengemukakan, guru harus menjadi  teladan bagi siswa-siswinya dalam berbagai aspek antara lain di bidang literasi. Guru-guru yang tergabung dalam Komunitas Penulis Guru (KPG) Hayam Wuruk 11 Yogyakarta diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar dalam dunia Pendidikan di Kota Yogyakarta dan dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara ke depannya.

“Terbitnya buku-buku karya guru khususnya KPG ini bukan hanya sekadar monumen dari kegiatan guru namun merupakan salah satu upaya untuk membangun budaya literasi pada seluruh ranah Pendidikan yang harus selalu ditingkatkan sesuai dengan tuntutan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan adanya gerakan literasi sekolah ini maka diharapkan menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat, menumbuhkembangkan budi pekerti, membangun ekosistem literasi, mempraktekkan kegiatan pengelolaan pengetahuan dan menjaga keberlanjutan budaya literasi,” kata Budi Santosa Asrori ketika menerima kunjungan tim kecil KPG Hayam Wuruk 11 Yogyakarta di ruang kepala dinas setempat, Jalan Hayam Wuruk 11 Yogyakarta, Rabu (19/1/2022).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori SE MSi menerima dua buku dari Pembina KPG Hayam Wuruk 11 Yogyakarta YB Margantoro, di ruang kepala dinas setempat, Jalan Hayam Wuruk 11 Yogyakarta, Rabu (19/1/2022). Foto : Kiriman YB Margantoro

Kepala dinas didampingi Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Hasyim SIP M.Acc dan staf, sedang tamu dari KPG dipimpin Pegiat Literasi YB Margantoro selaku Pembina, kemudian Ketua Ponijo SPd (Guru SMP N 3 Yogyakarta), Sekretaris Niken Amri Amaniah S.Ag (Guru SMP N 10 Yogyakarta) dan Anggota Ambarwati SPd.AUD (Guru TK Islam Timuran Yogyakarta).

Pada kesempatan ini, kepala dinas menerima buku karya KPG bertajuk Perjumpaan yang Memotivasi : Bangga jadi Guru dan karya Margantoro bertajuk Perjumpaan yang Menginspirasi : Hargai Sekecil Apapun Karya Siswa. Budi Santosa Asrori mengapresiasi karya buku tersebut dan sepakat untuk meresmikan komunitas penulis guru ini di awal Februari 2022 dengan menjadi Penasehat KPG.

Safari literasi guru ke sekolah

Pembina KPG YB Margantoro melaporkan, komunitas ini berawal dari bakti sosial literasi guru dari Penerbit Mitra Mekar Berkarya (MMB) Yogyakarta dan Majalah Literasi Guru untuk para guru di kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta, awal November 2021. Acara ini dimaksudkan untuk dedikasi Hari Guru Nasional (HGN) 25 November.

Dari peserta sebanyak 21 orang guru jenjang TK, SD dan SMP se Kota Yogyakarta, 17 orang diantaranya berkarya buku Perjumpaan yang Memotivasi : Bangga Jadi Guru. Mereka sepakat untuk terus belajar dan berkarya literasi, paling tidak satu sampai dua kali setahun yakni pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei dan HGN 25 November. Selain agenda penerbitan buku, KPG juga akan mengadakan lomba menulis guru, safari literasi guru ke sekolah dan sekolah menulis. Safari literasi perdana sudah dilaksanakan di SMP N 3 Yogyakarta serta akan menyusul SMP N 10 Yogyakarta, SD N Bumijo Yogyakarta dan seterusnya.

“Itu semua membutuhkan komitmen, kompetensi dan konsistensi para guru. Baik yang sudah menjadi anggota, atau yang menyusul  nantinya. Semoga berkat dukungan dari dinas dan kebersamaan warga sekolah khususnya guru, KPG dapat belajar dan berkarya literasi dengan baik,” kata dia. (*/lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments