Home Pendidikan Guru-guru Bontang Berkomitmen untuk Terus Menggerakkan Literasi

Guru-guru Bontang Berkomitmen untuk Terus Menggerakkan Literasi

389
0
Para narasumber dalam worskhop menulis guru Bontang, Kaltim, Rabu 28 Oktober 2020. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM –Guru-guru di Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, khususnya yang tergabung dalam Komunitas Literasi #KMI Menulis, sepakat untuk terus menggerakkan program literasi sekolah. Hal ini sejalan dengan program pemerintah setempat yang menetapkan Bontang sebagai Kota Literasi.

Harapan dan komitmen itu terungkap dalam workshop KMI Menulis Bersama Guru Bontang, menyambut Bulan Bahasa, secara online, Rabu (28/10/2020). Workshop menulis secara online selama 3,5 jam itu menghadirkan narasumber Wartawan Utama Dewan Pers YB Margantoro dengan moderator Kepala SDN 001 Bontang Utara Yani Astuti dan host Pendamping Program Literasi M Nur Hidayad.

Hadir dan memberikan sambutan Budi Yuwono mewakili Pimpinan PT Kaltim Methanol Industri, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bontang Saparudin MPd dan Pimpinan Human Initiative Mitra Program CSR Rahmat Haryono.

Salah satu narasumber, YB Margantoro, dalam workshop menulis online PT KMI bersama guru Bontang, Kaltim, Rabu 28 Oktober 2020. Foto : Istimewa

Budi Yuwono atas nama PT KMI berharap agar dinamika literasi di kalangan guru di Bontang terus dijaga dan dikembangkan. Adanya kegiatan workshop menulis online ini agar memberikan makna bukan hanya bagi guru, namun juga bagi siswa, sekolah dan masyarakat.

Saparudin menambahkan, sebagaimana telah disampaikan Mendikbud bahwa mulai tahun 2021 Ujian Nasional di semua jenjang sekolah diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survai Karakter (AKM-SK). AKM terdiri atas literasi dan numerasi. Literasi bukan sekadar kemampuan membaca, tapi meliputi kemampuan menganalisis, kemampuan untuk mengerti dan memahami konsep-konsep yang ada di suatu bacaan yang dipelajari.

Sebagian peserta workshop menulis online PT KMI Bontang, Kaltim, Rabu 28 Oktober 2020. Foto : Istimewa

“Literasi menjadi titik temu keberhasilan pelaksanaan asesmen. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kota Bontang sangat mengapresiasi kegiatan workshop menulis online bagi para guru yang didukung PT KMI. Ini sejalan dengan komitmen pemerintah menetapkan Bontang sebagai Kota Literasi,” kata dia.

Narasumber YB Margantoro dari Yogyakarta mengemukakan, literasi kini menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan khususnya di kalangan pendidikan. “Memiliki ketrampilan menulis dan menjadi pribadi yang literat adalah salah satu kunci sukses insan modern di abad 21 ini,” kata Margantoro dalam penyampaian materi workshop di ruang perpustakaan Kampus STPN Yogyakarta.

Komunitas literasi #KMI Menulis telah menghasilkan buku antara lain “Menumbuhkan Karakter Melalui GLS” yang diluncurkan Walikota Bontang beberapa waktu yang lalu. Dalam proses terbit buku “Wajah-wajah Berbagi Inspirasi”, beberapa judul lainnya.

Pada workshop menulis online tersebut diberikan penghargaan kepada karya tulis terbaik di buku, pembagian door prize dan rencana tindak lanjut menulis buku bersama berisi best practice pengajaran di sekolah selama pandemi Covid 19. (*/lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here