Home Pendidikan Guru Butuh Relasi yang Baik

Guru Butuh Relasi yang Baik

441
0
Para guru SD Kanisius Gowongan, Kota Yogyakarta usai mengikuti pembekalan foto bersama dengan beberapa pemerhati pendidikan dan pemateri pada acara pembekalan di Studio Audio Visual Pusat BBS Sleman, Sabtu (3/8/2019). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM –– Para guru SD Kanisius Gowongan, Kota Yogyakarta mengikuti acara pembekalan di Studio Audio Vidual Pusat Balai Budaya Sinduharjo, Sleman, Sabtu (3/8/2019). Pada kesempatan itu, Rm Singgih Pr mengingatkan bahwa dalam mengelola pendidikan dasar perlu keseimbangan. Artinya manajemen kelas perlu diperhatikan.

Dikatakan, menjadi guru bisa melelahkan sehingga rentan mengalami kecapaian atau kejenuhan, bukan karena stres. Hal ini terjadi karena guru bertemu dengan manusia yaitu anak didik, bukan betemu dengan barang mati. Kalau sudah mengalami kecapaian maka bisa muncul kemalasan. Di sinilah bahayanya. Karena itu, proses pembelajaran bukan saja soal metode, akan tetapi masalah relasi yang baik menjadi yang utama dan pertama.

“Membangun relasi dengan anak sangat penting dan perlu menumbuhkan keyakinan dan darin keyakinan itu akan terbentuk sikap yang benar. Peran guru harus tahu kapan sebagai teman dan kapan sebagi guru,” pesan Romo Singgih, salah seorang narasumber dalam pelatihan itu.

Pada bagian lain, Rm V Suparman Pr menegaskan bahwa para guru adalah pejuang-pejuang yang harus selalu mau bekerja sama secara terstruktur baik dan mau meningkatkan pengetahuan dan pelayanan secara maksimal. Namun jangan dilupankan untuk menikmati hidup sebagai guru. (zbd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here