Home Pendidikan Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Terbitkan Buku Baru DIGITAL.IS.ME #2

Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Terbitkan Buku Baru DIGITAL.IS.ME #2

735
0
Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Prof. Dr. Ema Utami, S Si, M Kom menunjukan karya bukunya berjudul DIGITAL.IS.ME #2. (Foto: Dok. Pribadi)

BERNASNEWS.COM — Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Prof. Dr. Ema Utami, S Si, M Kom untuk yang kesekian kalinya menerbitkan buku. Buku berjudul DIGITAL.IS.ME #2 – Inspirasi Islam dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi, sungguh menarik minat lantaran dalam buku tersebut mengulas tentang ayat Al Qur’an sesuai dengan berbagai pencapaian teknologi saat ini, tidak terkecuali Informatika.

“Berbagi pengetahuan, sedekah ilmu merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan oleh semua kalangan sesuai bidangnya masing-masing. Berbagai tulisan dalam buku ini merupakan salah satu wujud dari tugas saya sebagai salah satu civitas akademika Perguruan Tinggi,” ungkap Prof Ema Utami, dalam rilis yang dikirimkan ke Bernasnews.com.

Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Prof. Dr. Ema Utami, S Si, M Kom. (Foto: Dok. Pribadi)

Menurut Prof Ema Utami, dorongan untuk terus melakukan 5K, yakni kolaborasi, komunikasi, kreatif, kritis, dan kerja keras merupakan hal yang mutlak harus dilakukan di era saat ini. Semoga buku ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca untuk mampu menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak, mampu menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan positif.

“Serta mampu terus menemukan peluang-peluang inovasi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, sehingga berkesempatan luas untuk bisa ikut serta berkolaborasi dan berkontribusi di era saat ini,” pungkas Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta itu.

Sementara Prof . Dr. Ki Supriyoko, SDU, MPd Direktur Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, mengatakan, buku yang merupakan gagasan dari Prof. Ema Utami ini merupakan sebuah contoh dari usaha yang serius dari seorang dosen untuk terus profesional dalam bidangnya. “Nampak jelas tulisan yang selalu mengulas berbagai teknologi terbaru dan dikaitkan dengan pengajaran di kampus menunjukkan hal tersebut,” kata Prof. Ki Supriyoko.

Bentuk Buku DIGITAL.IS.ME (Foto: Istimewa)

Anggota Dewan Kehormatan Guru Pengurus Besar PGRI ini juga menambahkan, bahwa gagasan yang dituliskan di media masa kemudian dibukukan ini, merupakan salah satu usaha untuk berbagi ilmu dengan masyarakat. Secara tidak langsung mengajak pada masyarakat untuk terlibat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Tulisan Prof. Ema Utami dalam buku ini menekankan pentingnya pekerti luhur bagi seorang guru atau dosen. “Setiap akhir tulisan yang diberikan kutipan ayat Al Qur’an cukup banyak yang mengajak untuk selalu mengedepankan budi pekerti, pendidikan karakter dan moralitas,” terang Prof. Ki Supriyoko. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here