Home News Guncangan Gempa Terasa di Ruteng, Labuanbajo, Larantuka, Maumere, Adonara dan Lembata

Guncangan Gempa Terasa di Ruteng, Labuanbajo, Larantuka, Maumere, Adonara dan Lembata

53
0
Peringatan dini tsunami berakhir. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM –Guncangan gempa bermagnitudo 7,4 SR yang terjadi di kedalaman 12 kilometer di Laut Flores, NTT pada Selasa, 14 Desember 2021 pukul 10:20:22 WIB terasa hingga Ruteng Manggarai Raya, LabuanbajoManggarai Barat, Maumere Kabupaten Sikka, Larantuka Flores Timur, Pulau Adonara dan Lembata.

Gempa yang terjadi di 112 kilometer Barat Laut Larantuka, Flores Timur, NTT dan 114 km Timur Laut Maumer, Sikka NTT,
154 km Timur Laut Ende, NTT, 324 km Barat Laut Kupang, NTT dan 1.722 km Tenggara Jakarta itu sempat dinyatakan oleh BMKG berpotensi tsunami namun setelah 2 jam kemudian dinyatakan peringatan dini tsutami berakhir.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawai dalam jumpa pers yang disiarkan langsung metrotv, peringatan dini tsunami dinyatakan berakhir setelah 2 jam gempa berakhir.

Dwikorita mengatakan gempa dangkal terjadi akibat adanya aktivitas caecar akibt patahan geser di Lut Flores. “Gempa bumi terjadi akibat patahan geser. Dampaknya adalah terjadi guncangan di Ruteng, Labuanbajo, Maumere, Larantuka, Adonara, Lembata hingga Tambolaka,” kata mantan Rektor UGM ini.

Menurut Dwikorita, dengan berakhirnya peringatan dini tsunami makan masyarakat diperbolehkan pulang ke rumah masing-msing namun diminta untuk tetap waspada. Bentuk kewaspadaan itu adalah mengecek bangunan dengan teliti, menghindari bangunan yang retak atau rusak, menghindari tebing dan selalu mengikuti informasi perkembangan cuaca. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here