Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeOlahragaGowes Jogjaversitas, Solusi PTS Selesaikan Persoalan Ala Gaya Jogja

Gowes Jogjaversitas, Solusi PTS Selesaikan Persoalan Ala Gaya Jogja

bernasnews.com — Gowes Jogjaversitas atau bersepeda santai yang melibatkan para pimpinan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) V DI Yogyakarta dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) V tidak sebatas olah raga bersama. Saat mengayuh sepeda pun, para rektor bisa berbincang bagaimana mengatasi persoalan yang dialami oleh para PTS.

Peserta gowes Jogjaversitas mulai start dari pelataran gedung Fakultas Hukum Kampus Terpadu UII, pada  Sabtu pukul 06:30 WIB, ditandai dengan yel-yel yang dipimpin oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, BrigJen TNI (Pur) Dr Drs. DjokoSusilo, S.T, M.T. Sementara, Kepala LLDIKTI Wilayah V DIY Prof. Drh. Aris Junaidi Ph.D mengapresiasi kegiatan gowes dan mengucapkan selamat milad UII.

Para perserta yang terdiri para rektor dan pimpinan perguruan tinggi foto bersama di foto booth yang tersedia. (Foto: Istimewa)

“Gowes itu momentum kita tukar pikiran. Jangan heran seperti kata pak Fathul Wahid, sambil mengayuh sepeda bicara atau diskusi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), dan masalah lainnya. Ini bisa terjadi ketika Ketua LLDIkti, para rektor berkumpul dalam suasana santai, dan saya berharap ini terus berlanjut,” kata Ketua Gowes Jojaversias sekaligus Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Prof Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Prof Edy, Gowes Jogjaversitas efektif sebagai forum mendiskusikan masalah-masalah PTS. Indikasinya bisa dilihat dari jumlah peserta, dari semula sekitar 10 orang hingga mencapai 130 orang pimpinan PTS dan LLDikti V. Bahkan, pimpinan LLDIkti VI Jawa Tengah beserta sejumlah rekror PTS ikut bergabung pada gowes di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

“Ini gowes paling banyak peserta dan terlengkap fasilitasnya saat UII menjadi penyelenggaranya. Rektor UII mengaitkan gowes dengan Milad ke-79 UII, ini sangat bagus,” kata Prof Edy Suandi Hamid.

Rektor UWM Prof Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec (Kanan nomer 2) foto bersama dengan peserta Gowes Jogjaversitas. (Foto: Istimewa)

Ketua APTISI Wilayah V sekaligus Rektor UII Prof Fathul Wahid, S.T, M.Sc, Ph.D. menyatakan, Gowes Jogjaversitas menjadi ajang olah raga untuk meningkatkan daya tahan fisik dan kinerja para pimpinan PTS. Kesehatan itu sangat penting bagi pimpinan PTS dalam melayani orang banyak di kampus. Ini juga membuka jaringan mitra karena para pimpinan PTS, ini terbukti dengan adanya para rektor dan LLDikti Jawa Tengah bergabung dalam acara ini.

“Ketika gowes seperti ini juga ada banyak persoalan bisa didiskusikan secara mentes atau mendalam dan tuntas dalam suasana akrab. Kita punya cara yang Jogjawi dalam menyelesaikan banyak masalah.Wong sambil gowes, mengayuh pedal, ngomongnya soal MBKM. Ini gowes santai, dan banyak hal bisa didiskusikan secara mentes,” kata Prof Fathul Wahid.

Gowes putaran Sabtu ini sebagai tuan rumah UII dan menjadi gowes terbanyak pesertanya. Kegiatan bersepeda bersama ini diikuti oleh pimpinan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V DIY, dan para pimpinan perguruan tinggi anggota APTISI di Wilayah V DIY dan Wilayah VI Jawa Tengah. Kegiatan yang di Kampus Terpadu UII ini, juga dalam rangka menyemarakkan Milad ke-79 UII.

Ketua Panitia Gowes Jogjaversitas sekaligus Pengurus APTISI Wilayah V, Hangga Fathana, S.IP., B.Int.St., M.A. berharap gowes yang dihadiri 130 peserta itu dapat mempererat kerja sama antar PTS dan menciptakan atmosfer pendidikan yang sehat. “Semoga aktor pariwisata seperti hotel, restoran, serta pengelola objek pariwisata bisa gabung dalam acara ini untuk mempromosikan pariwisata DIY.” ujar dia. (*/ nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments