Home News GKR Mangkubumi Imbau KADIN DIY Berkolaborasi Wujudkan Jogja Jadi ‘Daerah Kebanggaan Dunia’

GKR Mangkubumi Imbau KADIN DIY Berkolaborasi Wujudkan Jogja Jadi ‘Daerah Kebanggaan Dunia’

177
0
GKR Mangkubumi saat melantik Dewan Pengurus Kadin Kota Yogyakarta, Bantul dan Gunungkidul Masa Bakti 2020-2025 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu 29 Mei 2021. (Foto: Eva Mintarsih)

BERNASNEWS– Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), GKR Mangkubumi menghimbau seluruh jajarannya untuk saling berkolaborasi.

Hal tersebut diungkapkan GKR Mangkubumi dalam kesempatan acara Pelantikan Dewan Pengurus Kadin Kota Yogyakarta, Bantul dan Gunungkidul Masa Bakti 2020-2025 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu 29 Mei 2021.

“Bagaimana kita membangkitkan semua ini yaitu dengan kolaborasi dari pemerintah, akademisi, Kadin dan pemerintah Kabupaten Kota,” tutur GKR Mangkubumi

Sebelumnya, GKR Mangkubumi membahas mengenai permasalahan yang perlu segera dikerjakan oleh jajarannya. Menurut dia, hal pertama yang menjadi sorotan terletak dalam sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Tentunya PR bagi kita semua adalah bagaimana membentuk seluruh produk itu berjalan. Andalan dari DIY adalah UKM, UKM kita dari yang benar-benar mikro hingga mandiri,” tuturnya.

Dalam menghadapi seluruh permasalahan tersebut pemerintah Yogyakarta tidak serta-merta mampu bergerak sendiri. Sehingga GKR Mangkubumi menyebut bahwa perlu dilakukan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Marilah kita bersama-sama membangun DIY menjadi yang lebih baik, yang menjadi hal berat adalah bagaimana kita membangkitkan semua ini,” ujarnya.

“Jadi perlunya kolaborasi dari pemerintah, akademisi, Kadin dan yang paling berperan adalah pemerintah Kabupaten dan Kota,” lanjutnya.

GKR Mangkubumi kemudian menuturkan bahwa kolaborasi tersebut akan menjadi penting untuk membangun wilayah DIY menjadi ‘Daerah Kebanggan Dunia’.

“DIY akan menjadi wilayah yang merupakan ‘Daerah Kebanggan dunia,” ujarnya.

Selain GKR Mangkubumi, acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah petinggi pemerintahan di DIY dari berbagai wilayah seperti Bupati Gunungkidul, Wakil Wali Kota Yogyakarta, hingga Bupati Bantul.

Menanggapi pernyataan GKR Mangkubumi, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyebut bahwa kini pihak pemerintah kota tengah berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi termasuk UKM.

“Sekarang pertumbuhan DIY tertinggi di Jawa, tertinggi nomor dua di Indonesia 6,14 persen. Tapi kalu ini tidak bisa kita manfaatkan pertumbuhan itu dan tidak dapat dilipatgandakan, maka proses pertumbuhan ini akan sulit,” tuturnya.

Sejalan dengan GKR Mangkubumi, Heroe juga menyatakan bahwa perlu diadakan suatu kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan kemajuan sektor tersebut.

“Mari bersama kita selesaikan kasus ini dengan melibatkan seluruh lapisan, karena dana yang kita himpun sudah terlalu banyak untuk menyelesaikan kasus kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul berharap akan ada kemajuan ekonomi selama pandemi COVID-19 yang dinilai bakal mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY. Sebab, selama pandemi berbagai sektor di wilayahnya turun drastis.

Sementara itu, di wilayah Bantul,  Bupati Bantul,  Abdul Halim Muslih melaporkan bahwa  justru terdapat salah satu sektor ekonomi yang melesat tinggi selama pandemi. Sektor tersebut terletak di bidang pertanian.

“DIY pertumbuhan ekonominya justru positif selama pandemi yaitu sektor pertanian,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here