Home News GKR Hemas Imbau Kaum Perempuan untuk Aktif Berperan di Berbagai Sektor

GKR Hemas Imbau Kaum Perempuan untuk Aktif Berperan di Berbagai Sektor

537
0
Wakil Ketua DPD RI, GKR Hemas saat memberikan materi di seminar nasional dan pelatihan advokasi perempuan yang bertemakan perempuan cerdas, perempuan berdaya, Kamis (29/8/2019). (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM – Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia menggelar seminar nasional dan pelatihan advokasi perempuan yang bertemakan ‘Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya’ yang dilaksanakan di Yogyakarta, Kamis (29/8/2019). Seminar ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPD RI, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas sebagai keynote speaker.

“Saya merasa bangga mendukung kegiatan ini sebagai perwujudan bentuk potensi kaum perempuan Indonesia di Indonesia dan khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta, yang selama ini saya selalu perjuangkan untuk kemajuan kaum perempuan sesuai dengan martabat dan hakekat kaum perempuan,” ungkap GKR Hemas.

Ia mengatakan bahwa upaya memberdayakan kaum perempuan sudah di gagas sejak pemerintahan orde baru dengan dibentuknya kementerian yang mempunyai urusan di bidang pemberdayaan perempuan dan dilanjutkan sampai pemerintah saat ini. GKR Hemas berharap peran kaum perempuan yang diharapkan tidak hanya urusan domestik rumah tangga saja, tetapi dalam segala sektor dan bidang yang sesuai dengan martabat dan hakekat kaum perempuan yaitu seperti di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

“Kaum perempuan tidak boleh pasif. Berperan dalam semua sektor itu adalah hak kaum perempuan. Hak itu harus diperjuangkan,” tuturnya.

Ketum Umum Pengurus Pusat GMKI, Korneles Galanjinjinay, menyampaikan, melihat data dari Komnas perempuan maka ada sekitar 348.446 kasus kekerasan terhadap perempuan. Menurutnya, pendekatan penyelesaian kasus kekerasan perempuan harus di mulai dari hulu sampai ke hilir.

“Mulai dari pendidikan, pelatihan, policy (kebijakan/UU), advokasi dan penegakan hukum,” tuturnya. (nun/adh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here