Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPariwisataGKR Bendara Dorong Wisata di Jogja Siap Sambut Event Internasional di Tahun...

GKR Bendara Dorong Wisata di Jogja Siap Sambut Event Internasional di Tahun 2023

bernasnews – Setelah jadi lokasi perhelatan event G20, Yogyakarta juga akan menjadi tuan rumah perhelatan Asean Tourism Forum di tahun 2023 nanti. Event ini akan dihadiri oleh menteri pariwisata dari seluruh negara-negara di Asean.

Untuk itu, wisata di Yogyakarta didorong siap untuk sambut event internasional tersebut. Berbagai upaya dilakukan agar Jogja siap menjadi tuan rumah event internasional.

“Destinasi wisata hendaknya menjadi tempat yg aman nyaman dan menyenangkan, namun juga menjadi ekosistem pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” ujar ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara.

Ia melanjutkan, Yogyakarta perlu membuat bagaimana pariwisata dapat menjaga alam dan budaya untuk menciptakan kenyamanan bagi semua pihak. Lebih lanjut, berbagai hal dilakukan selama pandemi COVID-19 menerjang Jogja.

Pembukaan MUSDA DPD PUTRI DIY di Taman Pintar Yogyakarta, Kamis (16/6/2022). (Foto: ayu)

“Inovasi dan kolaborasi yang cukup berhasil kita jalankan saat pandemi COVID-19 harus diteruskan. Kolaborasi pariwisata di DIY harapannnya menjadi contoh sinergi antara berbagai stakeholder pariwisata baik dari pemerintah, organisasi pariwisata, pengelola taman rekreasi, perhotelan dan seluruh teman teman yang lain,” tegasnya

Hadir pula dalam pembukaan Musda (Musyawarah Daerah) DPD PUTRI DIY, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. Paku Alam sebut tema Musda kali ini merujuk pada sebuah proses pembangunan pariwisata yang didukung secara ekologis layak secara ekonomis serta adil secara etika dan sosial terhadap masyarakat.

“Pandemi COVID-19 membuat pemulihan pariwisata menjadi tidak mudah dikarenakan ada perubahan preferensi, dimana saat ini wisatawan lebih mengutamakan faktor higienitas dan keamanan, baik pada akomodasi tempat wisata,” ujarnya.

Dalam Musda tersebut, sederet pelaku UMKM memamerkan produknya. Salah satunya adalah dari Komunitas Nglarisi UMKM. Harapannya, bisnis UMKM juga bisa ikut bangkit sejalan dengan kebangkitan pariwisata.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments