Home News GKJ Ambarrukma Pepanthan Nologaten Gelar Perayaan Unduh-Unduh

GKJ Ambarrukma Pepanthan Nologaten Gelar Perayaan Unduh-Unduh

360
0
Majelis GKJ Ambarukmo Pepanthan Nologaten mempersiapkan Riyoyo Unduh-unduh yang akan digelar pada Minggu 23 Mei 2021 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Foto : Agung Budi Putranto

BERNASNEWS.COM – Pada hari ini Sabtu 22 Mei 2021 warga jemaat, Kelompok Kerja beserta Majelis GKJ Ambarukmo Pepanthan Nologaten mempersiapkan Riyoyo Unduh-unduh yang akan digelar pada Minggu 23 Mei 2021 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Perayaan unduh-unduh digelar sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen setiap tahunnya. Berasal dari kata unduh atau dalam bahasa Jawa disebut ngunduh, yang jika diterjemahkan berarti memetik atau memanen.

Majelis GKJ Ambarukmo Pepanthan Nologaten mempersiapkan Riyoyo Unduh-unduh yang akan digelar pada Minggu 23 Mei 2021 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah .

Tradisi ini merupakan perpaduan antara ajaran Alkitab dengan budaya Jawa. Dari proses akulturasi ini, nampak bahwa keberadaan agama tidak memudarkan budaya asli. Adanya kebudayaan justru menjadi salah satu cara untuk beribadah. Lebih jauh, ritual keagamaan ini menjadi media dalam mempertahankan kearifan lokal.

Majelis GKJ Ambarukmo Pepanthan Nologaten mempersiapkan Riyoyo Unduh-unduh yang akan digelar pada Minggu 23 Mei 2021 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah .

Arti penting tradisi unduh-unduh adalah menghargai karunia dari Tuhan, antara lain berupa hasil yang diperoleh dari pekerjaan para jemaat sehari-hari. Rasa syukur yang diwujudkan dalam perayaan unduh-unduh dilakukan dengan cara berbagi kepada sesama. Berbagi adalah wujud tanggung jawab iman kepada Tuhan.

Demikian sekilas persiapan perayaan unduh-unduh di GKJ Ambarukmo Pepanthan Nologaten, yang tahun ini agak berbeda dalam pelaksanaannya dengan menyesuaikan kondisi dan mematuhi protokol kesehatan. (Agung Budi Putranto, Satgas Pokja Pepanthan Nologaten)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here