Home Seni Budaya Gerobak Sapi dan Profesi Bajingan yang Semakin Langka

Gerobak Sapi dan Profesi Bajingan yang Semakin Langka

110
0
Seorang Bajingan sedang mengendarai gerobak sapi di Jalan Raya Prambanan beberapa waktu lalu. Sementara di belakangnya moda transportasi kekinian. (Foto: Zidan Akbar Ramadhan)

BERNASNEWS.COM — Gerobak sapi merupakan salah satu kearifan lokal dari negara Indonesia. Pada zaman dulu, gerobak sapi sering digunakan sebagai alat transportasi pengangkut segala macam barang seperti hasil bumi para kaum petani. Seiring perkembangan alat transportasi yang semakin pesat, kini gerobak sapi telah tergeser oleh kendaraan yang lebih modern.

Juga seiring perkembangan waktu, gerobak sapi seolah jadi barang yang antik dan mulai langka keberadaannya. Padahal gerobak sapi merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Kotorannya sapi pun dapat dijadikan pupuk organik untuk menyuburkan tanaman. Dalam kultur budaya Jawa, kusir gerobak sapi disebut Bajingan, merupakan singkatan atau akronim dari bahasa Jawa, bagusing jiwo angen-angening Pangeran, yang terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah, orang baik yang dicintai Tuhan.

Perlahan kata Bajingan bergeser maknanya menjadi kata umpatan seperti sekarang ini, terlepas dari segala makna negatif, Bajingan sebagai sebutan kusir gerobak yang harus terus dilestarikan. Ada beberapa paguyuban yang bertujuan untuk melestarikan keberadaan gerobak sapi antara lain yaitu, Paguyuban Guyub Rukun dan Langgeng Sehati di Kabupaten Bantul. Juga Paguyuban Andini Karyo, Manunggal Lestari, Makarti Rasa Manunggal, dan Pager Merapi dari Kabupaten Sleman.

Keberadaan gerobak sapi sangat penting untuk dilestarikan, walaupun secara fungsional hanya untuk pengangkat barang maupun pendukung pariwisata. Gerobak sapi merupakan warisan dari nenek moyang yang harus dijaga dan mungkin bisa berkembang sampai waktu ke waktu yang akan datang. (Zidan Akbar Ramadhan, Mahasiswa Prodi Public Relation ASMI Santa Maria Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here