Home News Gerobak Listrik ‘Gelis’ Bikin UMKM Lebih Eksis

Gerobak Listrik ‘Gelis’ Bikin UMKM Lebih Eksis

226
0
Suasana pameran Gerobak Listrik 'Gelis', di sebuah hotel bintang, Jalan Timoho, Yogyakarta. (Foto: Kiriman Y. Sri Susilo)

BERNASNEWS.COM — Hadir moda transportasi baru berupa Gerobak Listrik (Gelis) yang dapat mendukung usaha UMKM. Gelis merupakan alat transportasi roda 3 menggunakan energi listrik yang diproduksi oleh perusahaan swasta nasional PT. Solar Panel Indonesia, yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan khususnya energi tenaga surya.

“Kami memperkenalkan produk Gelis bagi UMKM, karena salah satu faktor yang menjadi pertimbangan adalah 95% usaha di DIY adalah UMKM,” terang Sahnu Wijaya selaku Dirut Gelis Jogja, saat menggelar pameran, Jumat (27/8/2021), di sebuah hotel bintang, Jalan Timoho, Yogyakarta.

Dikatakan, faktor lain adalah Gelis merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Biaya operasional yang sangat rendah dan lebih hemat, sebesar 75% dibandingkan kendaraan konvensional dengan BBM.

“Selain itu, Gelis juga mempunyai mobilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan gerobak yang didorong manusia,” ujar Sahnu Wijaya.

Salah satu unit Gelis yang telah dirancang bentuk untuk digunakan usaha kuliner. (Foto: Kiriman Y. Sri Susilo)

Pengurus KADIN DIY Y. Sri Susilo usai melihat pameran tersebut mengungkapkan, bahwa Gelis merupakan produk hasil terobosan dan inovasi teknologi yang sangat mendukung UMKM di DIY.

“UMKM dapat bekerja dengan mobilitas yang tinggi dan sekaligus dapat menekan biaya operasional  untuk angkutan atau transportasi,” tegas Sri Susilo.

Dosen FBE UAJY yang hobi gowes ini juga berharap, Gelis Jogja dapat membantu UMKM yang akan menggunakan alat trasportasi tersebut. “Dukungan tersebut dapat berupa potongan harga, pembiayaan secara kredit dan nantinya pelayanan purna jual yang optimal,” imbuhnya.

Alat transportasi roda 3 yang disebut Gelis, dalam bahasa Jawa kata gelis sendiri bermakna cepat, untuk mendukung aktivitas UMKM baik untuk penjualan usaha makanan dan minuman, pengangkutan produk pertanian/ perkebunan/ peternakan, pengiriman dokumen (cargo), serta angkutan produk lain yang mendukung usaha UMKM di DIY.

Gelis hadir dengan berbagai tipe dengan harga yang beragam dan sangat terjangkau untuk pelaku UMKM, bagi pembelian unit Gelis selama bulan Agustus 2021 ini ada program promo berupa cash back. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here