Home News Gereja Katolik DIY Melibatkan Diri dalam Program Vaksinasi Covid-19

Gereja Katolik DIY Melibatkan Diri dalam Program Vaksinasi Covid-19

95
0
Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar dan istri didampingi Romo Vikep Romo Andrianus Mardiyo, Pr, Kepala Sekolah SMA Stella Duce 1 Yogyakarta Sr. Yetty CB dan jajaran panitia berkesempatan foto bersama siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, Selasa (7/9/2021). Foto: Dok Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Gereja Katolik se-DIY, yang terdiri dari 37 paroki dan terbagi dalam dua kevikepan telah melibatkan diri dalam program vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan karena gereja yangbertumbuh dan berkembang di dalam masyarakat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari denyut nadi masyarakat dimana gereja itu berada.

Dengan dukugan dari Vikep Kevikepan Yogyakarta Timur Romo Adrianus Maradiyo Pr dan Vikep Kevikepan Yogyakarta Barat Romo Alphonsus Rodriquea Yudono Suwondo Pr, sejumlah paroki telah melakukanvaksinasi Covid-19 melalui program Vaksinasi Belarasa Covid 19. Sejak 21 Agustus 2021 hingga akhir September ini, telah terlaksana vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum di 17 parok, dan akan berlanjut di paroki-paroki lainnya.

Vikep Kevikepan Yogyakarta Barat dan Ketua Tim Vaksinasi Belarasa Covid-19 Romo Suwondo Pr mengatakan, jumlah penerima vaksin mencapai sekitar 16 ribu orang. Dengan demikian dari vaksinasi pertama dan kedua jumlah vaksin mencapai sekitar 32 ribu dosis. Jumlah terbanyak penerima vaksin berada di Paroki Somohitan sebanyak 1.500 orang dan Paroki Macanan sebanyak 1.300 orang.

Dalam melaksanakan Program Vaksinasi Belarasa Covid 19 ini Kevikepan Yogyakarta Barat dan Kevikepan Yogya Timur membentuk tim yang diketuai Vikep Kevikepan Yogyakarta Barat Romo AR Yudono Suwondo Pr, dibantu Romo Rosarius Sapto Nugroho Pr , Romo Nugroho Pr dan Elisabeth Setyaningsih

Tim Vaksinasi Belarasa Covid 19 bekerjasama dengan berbagai unsur pemerintah, yaitu Dinas Kesehatan, TNI dan POLRI di masing-masing kabupaten dan PMI. Institusi-institusi pemerintah inilah yang menyediakan vaksin  dan tenaga medis.

Pada saat pelaksanaan di lapangan tim dibantu banyak relawan dari tenaga kesehatan, beberapa universitas, gereja dan ormas. Biasanya vaksinasi dimulai pada pukul 8 dan berakhir pada 13.00.

Vikep Kevikepan Yogyakarta Barat dan Ketua Tim Vaksinasi Belarasa Covid 19 Romo Suwondo Pr dalam sambutan di Paroki Bonoharjo, Kulon Progo, Selasa 28 September 2021, mengatakan, pandemi covid 19 ini adalah musuh bersama dan harus dihadapi bersama.

Di depan Kapolda DIY Drs Irjen Pol Asep Suhendar Msi, yang hadir pada waktu itu, Romo Suwondo menyampaikan terima kasih kepada Pori, khususnya atas peran besar dari Polda DIY. “Atas peran besar Polri, Gereja DIY mempunyai kesempatan melibatkan diri dalam tugas negara, yakni menyembuhkan bangsa ini dari Covid-19. Kami cinta Indonesia, NKRI sungguh sangat kami cintai,” tegas Romo Suwondo.

Bagi Tim Program Vaksinasi Belarasa Covid 19 yaitu Rm Sapto Nugroho Pr, Pastor Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung mengungkapkan, program vaksinasi ini sungguh menghadirkan gereja di tengah masyarakat. Gereja berperan nyata dalam melancarkan atau mempercepat program pemerintah dalam memberikan vaksinasi covid 19 kepada masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi belarasa juga memberi dampak positif yakni semakin tampak jati diri warga Yogya yang biasa hidup rukun dan damai, ayem tentrem.

Tim Program Vaksinasi lainya, Elisabeth Setyaningsih, menegaskan, vaksinasi covid 19 yang dilaksanakan di paroki-paroki Kevikepan Yogyakarta Barat dan Kevikepan Yogyakarta Timur ini melibatkan banyak unsur dalam masyarakat. Baik itu sebagai pelaksana maupun peserta penerima vaksin. “Vaksinasi ini selain menyehatkan masyarakat, juga menguatkan rasa kebangsaan dan persaudaraan,” kata aktivis sosial kemasyarakatan ini.

Vaksinasi covid 19 ini, menurut Elis-sapaan Elisabeth Setyaningsih-juga membawa angin segar dalam kerjasama banyak pihak. “Vaksinasi ini menumbuhan kembali semangat toleransi, keterbukaan untuk bekerjasama demi menyelamatkan kehidupan bangsa,” kata Elis. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here