Home News Gerakan Pramuka Menanamkan Nasionalisme dan Toleransi

Gerakan Pramuka Menanamkan Nasionalisme dan Toleransi

775
0
Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta yang juga Wakil Walikota Yogyakarta Kak Heroe Poerwadi bersama Kak Agung (Ketua Panitia ), Kak Edys Suharto (Kepsek SMP BW), paraandalan dan panitia foto bersama pada Perayaan Natal Kwarcab Kota Yogyakarta di GKJ Gondokusuman, Senin (20/1/2020). Foto : Istimewa.

BERNASNEWS.COM – Kota Yogyakarta merupakan kota yang pluralis sehingga melalui gerakan Pramuka sikap saling menghormati dan memahami perbedaan sehingga toleransi tercipta dalam kebhinekaan.

Peserta Natal yang terdiri dari Siaga, Penggalang dan Penegak foto bersama. Foto : Istimewa

“Melalui Gerakan Pramuka nilai-nilai nasionalisme harus ditanamkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Heroe Poerwadi, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Yogyakarta yang juga Wakil Walikota Yogyakarta dalam perayaan Natal Pramuka tingkat Kwartir Cabang Kota Yogyakarta di GKJ Gondokusuman (Sawokembar), Senin (20/1/2020). Perayaan Natal dihadiri Andalan, Pimpinan Kwartir, Kamabigus, pembina Pramuka serta peserta didik yang berpangkalan di sekolah-sekolah Kristen dan Katolik.

Peserta didik dari SMP BOPKRI 3 Yogyakarta membawakan Tari Nusantara pada perayaan Natal di GKJ Gondokusuman, Senin (20/1/2020). Foto : Istimewa

Ketua Panitia Kak Agung Budi Putranto MT, perayaan Natal kali ini mengangkat tema Natal nasional yakni Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang sehingga melalui keceriaan Natal bersama ini pembina serta peserta didik dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di manapun berada, seperti tertuang dalam dharma ke-2 yaitu Cinta Alam dan kasih sayang manusia.

Para panitia dan pembina Pramuka Kwarcab Kota Yogyakarta. Foto : Istimewa

“Kami berharap Pramuka dapat menjalin relasi dengan Tuhan, dengan sesama manusia serta seluruh ciptaan Tuhan di dunia,” kata Agung Budi Putranto.

Agung Budi Putranto (ketiga dari kanan) bersama tim keamanan dari Saja Bhayangkara Polresta Yogyakarta. Foto : Istimewa

Perayaan Natal diisi dengan ibadah Natal dengan homili disampaikan oleh Romo Kristoforus Rhesa Alem Pramudhita Pr dan berita anugrah serta doa syafaat oleh Pdt Sundoyo. Selain itu dimeriahkan dengan tari Nusantara yang dibawakan oleh peserta didik dari SMP BOPKRI 3 Yogyakarta dan solo song The Holy Night oleh Axel, peserta didik dari SD BOPKRI Gondolayu, serta didukung oleh paduan suara dari SMP Budya Wacana dan SMP Kanisius Gayam. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here