Home News Gerakan Oksigen Bergulir Tetulung Muhi 94, Kegiatan Mulia Alumni Muhi Angkatan 1994

Gerakan Oksigen Bergulir Tetulung Muhi 94, Kegiatan Mulia Alumni Muhi Angkatan 1994

135
0
‘Gerakan Oksigen Bergulir Tetulung Muhi 94’ gerakan penyediaan tabung dan oksigen oleh Alumni Muhi'94 yang bisa dipinjam secara gratis oleh masyarakat. (Foto: Kiriman Hanung)

BERNASNEWS.COM — Covid-19 masih menjadi momok dalam masyarakat walaupun upaya vaksinansi masal seperti berkejaran dengan pandemi yang masih berlangsung. Masyarakat yang terdampak Covid-19 lumayan masih tinggi banyak fasilitas kesehatan (faskes) yang kewalahan.

Juga banyak penderita Covid-19 yang tidak tertampung di rumah sakit melakukan perawatan isolasi mandiri di rumah. Akibat situasi ini tabung oksigen medis menjadi langka dan harga tabung pun menjadi mahal, masyarakat kesusahan untuk mendapatkan tabung beserta isi oksigennya.

Beberapa tabung oksigen ‘Gerakan Oksigen Bergulir Tetulung Muhi 94’ yang disediakan oleh para Alumni Muhi ’94. (Foto: Kiriman Hanung)

Oleh karena itu para alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Angkatan Tahun 1994 merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu guna meringankan beban masyarakat di saat pandemi ini. Salah satunya adalah menyediakan tabung oksigen lengkap dengan isinya, yang dipinjamkan gratis kepada masyarakat juga keluarga besar Alumni Muhi sebutan akrabnya.

“Kebetulan kelompok Alumni Muhi angkatan 94 mempunyai kas atau dana yang memang dialokasikan untuk kegiatan sosial. Ketika ada sistuasi seperti ini kami terpanggil untuk bisa membantu masyarakat, dengan cara menyediakan tabung dan oksigen yang bisa dipinjam secara gratis, bertajuk ‘Gerakan Oksigen Bergulir Tetulung Muhi 94’, dengan harapan kami dapat membantu masyarakat disaat seperti ini,” ungkap Hanung Bagus K sebagai Inisiator, Jumat (3/9/2021).

Warga masyarakat sangat terbantu giat kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Alumni Muhi ’94. (Foto: Kiriman Hanung)

Dikatakan, gerakan ini baru berjalan awal Agustus 2021 lalu yang awalnya hanya menyiapkan 2 tabung dan regulator. Kemudian ada sumbangan dan partisipasi dari para Alumni Muhi 94 sehingga sekarang memiliki 10 tabung oksigen lengkap dengan regulatornya.

“Untuk pengisian kami sempat kesulitan karena Samator hanya memproduksi untuk rumah sakit dan faskes. Tapi alhamdulillah kami bisa bekerjasama dengan salah satu gereja yang berlokasi di Jalan Magelang, yang kebetulan ada giat untuk pengisisan oksigen gratis untuk masyarakat,” terang Hanung.

Flyer Program (Foto: Istimewa)

Bantuan dari gereja tersebut, lanjut Hanung, hanya bisa sampai pada tanggal 2 September 2021 sehingga pengisian oksigen selanjutnya di tempat yang lain. “Alhamdulillah sudah banyak masyarakat yang mengakses giat kami, tidak terbatas hanya bagi penderita Covid-19 tetapi pasien rawat jalan lain yang terdampak kelangkaan tabung dan oksigen juga bisa meminjam pada kami,” ujarnya.

Selain tabung dipinjamkan, dalam ‘Gerakan Oksigen Bergulir Tetulung Muhi 94’ ini juga menghibahkan beberapa tabung untuk fasilitas mobil ambulan. “Karena tujuan dari kami ketika giat bergulir maka teman-teman alumni bisa merasakan pahalanya. Untuk peminjaman bisa hubungi kami HP 087838843072 atau datang langsung di Sevenstore, Jalan Munggur Demangan Yogyakarta,” kata Hanung. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here