Home News Gerakan Indonesia Raya Bergema, Stevanus : Sangat Tepat di Tengah Rasa Nasionalisme...

Gerakan Indonesia Raya Bergema, Stevanus : Sangat Tepat di Tengah Rasa Nasionalisme Memudar

191
0
Anggota Komisi A DPRD DIY DR R Stevanus C Handoko. Foto : Dok Pribadi

BERNASNEWS.COM – Gerakan Indonesia Raya Bergema yang dicanangkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional, hari Kamis, 20 Mei 2021, didukung oleh berbagai kalangan. Sebab, gerakan ini sangat tepat di tengah rasa nasionalisme memudar.

Anggota Komisi A DPRD DIY DR R Stevanus C Handoko pun sangat mendukung gerakan tersebut. Dukungan itu disampaikan saat ia selesai mengikuti rapat Komisi A di Gedung DPRD DIY, pada hari Rabu (19/5/2021). Ia mengatakan mendukungan gerakan Indonesia Raya bergema yang dicetuskan oleh Sultan Hamengku Buwono X tersebut.

“Gerakan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, rasa kebanggaan atas bangsanya. Ada suatu keprihatinan atas memudarnya rasa nasionalisme di berbagai kalangan, khususnya generasi muda saat ini. Anak millennial generasi saat ini jauh dengan semangat nasionalisme,” kata Stevanus Handoko yang juga Sekretaris Fraksi Nasdem-PSI-PD DPRD DIY ini dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Kamis 20 Mei 2021.

Dikatakan, gerakan Indonesia Raya Bergema adalah sebuah bentuk kampanye berkelanjutan untuk menggelorakan nasionalisme. Gerakan ini merupakan suatu ajakan untuk menggelorakan semangat nasionalisme dengan cara mengumandangkan lagu Indonesia Raya di ruang publik. Ruang publik yang dimaksud antara lain perkantoran pemerintah, perkantoran swasta, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat lain yang memungkinkan, pada jam yang telah ditentukan.

Stevanus C Handoko yang akrab disapa Bro Steve ini menyatakan bahwa Gerakan Indonesia Raya Bergema harus terus dilakukan karena hal ini sesuai dengan semangat kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme, rasa bangga terhadap bangsanya. Gerakan Indonesia Raya Bergema juga sejalan dengan program yang diinisasi oleh Komisi A DPRD DIY yaitu kegiatan literasi wawasan kebangsaan, sinau Pancasila dan Keistimewaan Yogyakarta.

Dengan semakin kencangnya informasi yang beredar terkait dengan ideologi lain, pemahaman yang salah tentang nasionalisme, pembalikan fakta sejarah tentang perjuangan bangsa. Kegiatan yang dicanangkan oleh Gubernur DIY sebagai kegiatan berkelanjutan melalui Surat Edaran No. 29/SE/V/2021 tentang Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya ini sebagai salah satu bagian yang perlu didukung agar Rasa Nasionalisme terhadap Republik Indonesia tetap dapat terjaga dengan baik.

“Semoga tidak hanya kegiatanGerakan Indonesia Raya Bergema saja, namun bermunculan gerakan lain yang turut bisa menumbuhkan Rasa Nasionalisme dan tidak hanya di Daerah Istimewa Yogyakarta, namun di seluruh Nusantara gerakan ini bisa dilakukan juga,” kata Stevanus C Handoko. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here