Home News Gerakan Indonesia Raya Bergema Juga Diselenggarakan di Pasar Beringharjo

Gerakan Indonesia Raya Bergema Juga Diselenggarakan di Pasar Beringharjo

327
0
Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, DIY. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Gerakan Indonesia Raya Bergema juga diselenggarakan di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, dengan uji coba pelaksanaan pengumandangan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Rabu (19/5/2021), jam 10:00 WIB. Demikian salah satu poin dalam surat Pengumuman Gerakan Indonesia Raya yang diterbitkan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, dan beredar secara viral di media sosial, sejak Selasa, 18 Mei 2021.

Berdasar konfirmasi Bernasnews.com kepada Kepala Dinas Perindag Kota Yogyakarta Drs. Yunianto Dwisutono, Rabu (19/5/2021), menyatakan bahwa pengumuman tersebut benar dari pihaknya. “Kami mendukung acara tersebut dan akan dirgulerkan setiap hari mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Pasar Beringharjo. Kedepan akan dilakukan juga di pasar-pasar yang lain,” ungkap Yunianto.

Cintya pedagang kosmetik di Pasar Beringharjo menerangkan, bahwa tepat jam 10:00 WIB tadi dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di dalam pasar melalui radio dan sebagian besar pada ikut bernyanyi dengan berdiri sikap hormat. “Saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya kebetulan saya masih berada di lantai bawah. Saya lihat banyak teman-teman pedagang dan beberapa pengunjung  ikutan nyanyi,” ujar Cintya.

Dikatakan, sepertinya nanti akan ada semacam gladi resik untuk memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. “Namun pelaksanaannya saya kurang paham, seperti apa bentuknya yang saya dengar ada yang mau menyanyikan secara koor dari Kepatihan,” pungkas dara cantik itu.

Suasana di dalam Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

Sementara berikut narasi lengkap Pengumuman Gerakan Indonesia Raya Bergema, yang diterbitkan oleh Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta dan For You Indonesia, tertanggal 18 Mei 2021. Diberikan kepada semua pedagang dan segenap pengunjung Pasar Beringharjo Yogyakarta bahwa,

1. Mulai hari Kamis 20 Mei 2021 dan hari-hari selanjutnya setiap pagi jam 10.00 WIB akan dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya (1 Stanza) melalui jaringan radio Pasar Beringharjo. Pada saat lagu kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan semua orang wajib menghentikan segala aktivitasnya dan berdiri tegak dengan sikap hormat serta ikut bernyanyi. Setelah lagu kebangsaan diperdengarkan dapat kembali menjalankan aktivitasnya.

2. Pada hari Rabu 19 Mei 2021 jam 10.00 WIB akan dilakukan uji coba pelaksanaan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Pasar Beringharjo. Dimohon pada saat uji coba untuk bersikap sebagaimana ketentuan di atas.

3. Pada hari Kamis 20 Mei 2021 jam 09.00 WIB Gerakan Indonesia Raya Bergema secara resmi akan dicanangkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta bersama For You Indonesia turut mensukseskan pencanangan dengan menggelar acara di Pasar Beringharjo serta mengajak semua pedagang dan pengunjung ikut berpartisipasi.

4. Dimohon informasi ini dapat disebarluaskan dan kewajiban menghentikan segala aktivitasnya untuk berdiri tegak dengan sikap hormat saat lagu kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan dan dapat dilaksanakan berlandaskan kesadaran serta jiwa patriotic sebagai warga Negara Indonesia yang baik.

5. Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19 dimohon untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here