Home News Gerakan Beli Batik Sleman untuk Berdayakan Perajin Batik

Gerakan Beli Batik Sleman untuk Berdayakan Perajin Batik

55
0
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo foto bersama para perajin batik Sleman, di Sleman, Minggu (5/7/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo mencetuskan ide Gerakan Beli Batik Sleman sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan perajin batik di Kabupaten Sleman. Hal itu dicetuskan isteri Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi ini menghadiri pertemuan dengan 25 perajin batik di Sleman, Minggu (5/7/2020). Pada kesempatan ini, ia membeli ribuan batik sebagai komitmen memberdayakan perajin batik di Sleman.

Peresmian Gerakan Beli Batik Sleman ini dilakukan dengan mengecap batik. Perajin pun merasa diberdayakan sehingga mencapai tingkat kesejahteraan ekonomi yang baik. Ibu merupakan pencetus batik SLeman yaitu batik dengan motif parijotho dan salak.

Menurut Dra Shavitri Nurmaladewi MA, Kabag Humas dan Protokol Setda Sleman, dalam rilis yang diikirim kepada Bernasnews.com, Senin (6/7/2020), dua tahun lalu, sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo mengusulkan kepada Pemda Sleman untuk menggunakan batik parijotho yang dibuat oleh perajin Sleman sebagai seragam haji dan sampai sekarang program itu masih terus berjalan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo mengecap batik menandai Gerakan Beli Batik Sleman, Minggu (5/7/2020). Foto : Istimewa

Dan walaupun tahun ini tidak ada ibadah haji, namun pemerintah tetap membeli batik parijotho dari perajin Sleman sebagai upaya untuk memberdayakan perajin di Sleman. Selain itu untuk hari jadi Kabupaten SLeman, ia juga memesan batik ke para perajin.

Para perajin batik yang hadir mengucapkan terimakasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Sleman ini, karena sudah melakukan aksi nyata untuk memperdayakan para perajin dengan cara memborong ribuan batik Sleman dari perajin yang ada di Sleman.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo. Foto : Istimewa

Selain itu, perajin berterimakasih karena Ny Hj Kustini Sri Purnomo telah memberikan kepercayaan membeli batik kepada para perajin. Para perajin merasa sangat terbantu karena selama Covid-19 pendapatan mereka menurun. Namun, dengan adanya Gerakan Beli Batik Sleman diharapkan ke depan semua yang ada di Sleman membeli batik dari perajin di Sleman. “Kita harus menggunakan produk yang dibuat oleh masyarakat kita sendiri,” kata Hj Kustini Sr Purnomo yang biasa disapa Ibu KSP ini. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here