Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsGenerasi Muda Perlu Pelajari Konstitusi Negara

Generasi Muda Perlu Pelajari Konstitusi Negara

bernasnews – Di masa kini, generasi muda tak hanya dituntut untuk melek perkembangan zaman namun juga perlu memahami konstitusi negara. Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta diajak memahami konstitusi negara langsung dari pakarnya.

Hakim Konsitusi Enny Nurbaningsih dan Hakim Konstitusi Suhartoyo berbicara soal pluralisme di Indonesia menjadi bagian terpenting untuk membangun negara. Dimana ada sjumpah unsur perekat yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945.

“Inilah unsur-unsur terpenting bagaimana kita merekat bangsa kita dalam perbedaan yang ada sebagai kekayaan yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa,” ucap Enny.

Seorang mahasiswa mengikuti kuliah umum di Universitas PGRI Yogyakarta. (Foto: istimewa)

Sementara itu, Hakim Konstitusi Suhartoyo membaha soal fungsi konstitusi untuk membatasi kekuasaan lembaga negara, para penyelenggara negara, agar tidak sewenang-wenang.

“Karena undang-undang adalah alat politik untuk mencapai tujuan negara,” kata Suhartoyo.

Rektor Universitas PGRI Yogyakarta Paiman berharap melalui pemaparan tersebut mahasiswa tak hanya akan melek secara informasi tapi juga bagaimana praktiknya.

“Semoga yang disampaikan ini bisa dijadikan acuan untuk mendidik mahasiswa sehingga mereka kedepan tidak tertinggal informasi. Para mahasiswa beruntung karena tidak semua mendapatkan ilmu ini. Tidak semua paham tentang konstitusi,” katanya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments