Home News Gempa Dangkal di Ambarawa akibat Aktivitas Sesar Lokal Merapi-Merbabu

Gempa Dangkal di Ambarawa akibat Aktivitas Sesar Lokal Merapi-Merbabu

108
0
Peta lokasi gempabumi di Ambarawa, Jateng, Sabtu 23 Oktober 2021. Sumber: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Gempabumi berkekuatan magnitudo 3.0 yang mengguncang Ambarawa, Jawa Tengah dan sekitarnya pada Sabtu, 23 Oktober 2021, merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal Merapi-Merbabu. Hal ini diketahui setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa.

Menurut Setyoajie Prayoedhie, Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, gempa pada Sabtu 23 Oktober 2021 pukul 00:32:05 WIB di wilayah Barat Laut Salatiga-Jateng merupakan gempa tektonik. Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=2.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.30° LS; 110,39° BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km arah Barat Laut Kota Salatiga, Jawa Tengah pada kedalaman 6 km.

Dikatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Ungaran. Dan hingga hari Sabtu, 23 Oktober 2021 pukul 01:30 WIB, terjadi gempa susulan. Dari hasil monitoring BMKG terdapat adanya aktivitas gempabumi susulan pada pukul 00:42 dengan manitudo=2.9 ( aftershock).

Kemudian pada pukul 09:34:45 WIB gempa susulan kembali mengguncang Ambarawa, Jawa Tengah dan sekitarnya dan dirasakan oleh warga. Dari hsil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=3.0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.253 LS dan 110.40529 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km arah Baratlaut Kota Salatiga, Jateng pada kedalaman 9 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, jenis dan mekanisme gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal Merapi-Merbabu,” kata Setyoajie Prayoedhie dikutip Bernasnews.com dari akun Instagram @bmkgjateng.

https://www.instagram.com/bmkgjateng/

Menurut Setoajie, guncangan gempabumi ini dirasakan di Ambarawa II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hal ini dibenarkan warga Ambarawa Natayadzm di akun Instagram @nayameriska.

di ambarawa kerasa bgt getaranya pagi ini dibandingankan dini hari tadi semoga allah melindungi kita semua dalam marabahaya aamiin,” tulis Natayadzm. 

barusan bgt ada lagi cuma guncangannya agak kuat,” kata Novitada.

Dengan adanya gempa tersebut, Setyoajie menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tulis Setyajie. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here