Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanGelar Karya Proyek Lintas Mapel, Mendorong Penguatan Pencapaian Profil Pelajar Pancasila

Gelar Karya Proyek Lintas Mapel, Mendorong Penguatan Pencapaian Profil Pelajar Pancasila

bernasnews.com — Gelar karya suatu kegiatan yang memotivasi seluruh siswa guru dan karyawan untuk selalu mengembangkan diri , mengembangkan karakternya, berkreasi, dan berinovasi dalam setiap tugasnya, demikian sambutan Pembina Pengawas Dinas Pendidikan Olahraga Kota Yogyakarta Bernadeta Bermaniwati, S.Pd, M.Pd dalam Acara Gelar Karya SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, Kamis (23/6/2022).

“Masa pandemi bukan alasan untuk berhenti berinovasi. Kami selalu menggerakkan bapak ibu guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sehingga siswa mampu menghilangkan kejenuhan, terbangun dalam karakter,” kata dia.

Ketua Yayasan BOPKRI Ir. Obed Tripambudi (tengah) foto bersama dengan para kepala sekolah negeri dan swasta yang hadir dalam giat Gelar Karya, di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, Kamis (23/6/2022). Foto: Kiriman Atun Pratiwi.

Lanjut Bernadeta, sebagai sekolah inspirasi yang unggul dalam budaya maka SMP BOPKRI 3 Yogyakarta ikut andil dalam berupaya agar siswa terbangun dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan budaya.

Kepala Sekolah SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Atun Pratiwi, MPd.K menambahkan, untuk itulah SMP BOPKRI 3 hadir dan siap mensukseskan mencapai visi Pendidikan Indonesia.Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat , mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa, kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global,”papar dia.

Tamu yang hadir bisa berinteraksi langsung pada siswa SMP BOPKRI 3 Yogyakarta peserta Giat Karya Lintas Mata Pelajaran. (Foto: Kiriman Atun Pratiwi)

Menurut Atun Pratiwi, membangun generasi yang kuat harus dilandasi dengan kepribadian yang kokoh, tentu saja dengan pendidikan yang memiliki pencapaian Profil Pelajar Pancasila. “SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, melalui proyek lintas mata pelajaran (mapel) memiliki kekuatan mendorong penguatan  pencapaian profil Pelajar Pancasila,” terang dia.

Atun Pratiwi menambahkan, bahwa dalam Semestrer 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 mengambil thema ‘Kearifan Lokal’. Ada 4 kelompok lintas mata pelajaran yaitu, Kelompok 1, Prakarya, matematika, IPA, PPKn, IPS, SBK, BK; Kelompok 2, Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, SBK; Kelompok 3, SBK, PAK, Bahasa Inggris; dan Kelompok 4, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, SBK.

Suasana giat Gelar Karya Lintas Mata Pelajaran, di Halaman Sekolah SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta,Kamis (23/6/2022). Foto: Kiriman Atun Pratiwi.

Dari masing-masing kelompok itu menghasilkan karya. Adapun gelar karya dilaksanakan di halaman sekolah, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, selama dua hari. Yaitu, Kamis, tanggal 23 Juni 2022, Jam 09:00-11:00 WIB dan Jumat, tanggal 24 Juni 2022, Jam 08:00-11:00 WIB.

Pada hari pertama gelar karya, Kamis (23/6/2022), dihadiri oleh Pembina Pengawas dari Dindikpora Kota Yogyakarta, Ketua Yayasan BOPKRI,  Kepala Sekolah SMPN 14, Immaculatta, Stelladuce1, Gotong Royong, Perwakilan Alumni SMP BOPKRI 3, Kepala Sekolah SMP BOPKRI 1, SMP BOPKRI 2, SMP BOPKRI 10, SMP BOPKRI Godean, SMP BOPKRI Wates.

“Sekolah SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, senantiasa harus selalu berani berproses dalam pembentukan karakter siswa dengan menanamkan nilai-nilai ke-BOPKRI-an, yang bersinergi dengan Profil Pelajar Pancasila,” demikian sambutan Ketua Yayasan BOPKRI Ir  Obed Tripambudi.

Sementara, gelar karya pada hari ke-2 digelar untuk orang tua siswa dan untuk masayarakat umum. “Kegiatan akhir tahun pelajaran 2021 /2022 sebagai bukti bahwa SMP BOPKRI 3 Yogyakarta selalu berkreasi dan berinovasi tiada henti dalam mengembangkan pribadi siswa menuju generasi penerus yang mampu membangun bangsa tercinta,” pungkas Atun Pratiwi. (*/ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments