Home Pendidikan GEG Menguatkan Strategi dan Implementasi Internasionalisasi PSTK FTI UII

GEG Menguatkan Strategi dan Implementasi Internasionalisasi PSTK FTI UII

89
0
Ajeng Yulianti Dwi Lestari ST MT (kiri), Ifa Puspasari ST M.Eng PhD dan Sholeh Ma’mun ST MT PhD, ketigany Dosen Prodi Teknik Kimia FTI UII. Foto: Jerri Irgo

BERNASNEWS.COM – Program Studi Teknik Kimia (PSTK) FTI UII berhasil mendapatkan grant bertajuk Global Engagement Grant (GEG) dari UII pada tahun 2021. Dalam grant ini, PSTK FTI UII bekerjasama dengan Jurusan Teknik Kimia dan Proses (Dept of Chemical and Proses Engineering) Universiti Kebangsaan Malaysia(UKM).

GEG merupakan program hibah bagi jurusan dan program studi di UII untuk mendorong percepatan UII dalam menjalankan Rencana Strategis 2018-2022, khususnya pada Sasaran Strategis 2.1, yaitu pengembangan inovasi berkelanjutan untuk memperkuat rekognisi internasional.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19, upaya internasionalisasi menjadi tantangan bagi perguruan tinggi di dunia. Ikhtiar untuk melaksanakan aktivitas implementasi kerja sama dengan universitas mitra tetap perlu dilaksanakan dalam rangka menjaga hubungan baik dengan keterbatasan aktivitas mobilitas fisik,” kata Ifa Puspasari ST M.Eng PhD, Ketua Global Engagement Grant (GEG) Program Studi Teknik Kimia (PSTK) FTI UII dan Jurusan Teknik Kimia dan Proses (Dept of Chemical and Proses Engineering) Universiti Kebangsaan Malaysia (JKKP UKM) kepada wartawan, Sabtu 3 Desember 2021.

Dikatakan, dengan diselenggarakannya GEG maka PSTK FTI UII dapat melakukan rintisan kerja sama dengan mitra baru luar negeri, menguatkan strategi dan implementasi internasionalisasi, melakukan retensi dan pengembangan terhadap hubungan kerja sama yang telah terjalin antara jurusan dengan mitra luar neger; serta menunjukkan keunggulan UII sebagai universitas swasta di Indonesia yang berkualitas, andal dan memiliki reputasi internasionalisasi yang sangat baik.

Salah satu implementasi dari kerjasama itu, menurut Ifa Puspasri, adalah dibukanya Program Internasional Program Studi Teknik Kimia FTI UII mulai tahun akademik 2021/2022 bekerjasama dengan UKM. Melalui program ini dilakukan pertukaran mahasiswa dan dosen bahkan ada kelas bersama mahasiswa dari kedua perguruan tinggi tersebut.

Ajeng Yulianti Dwi Lestari ST MT (kiri), Ifa Puspasari ST M.Eng PhD dan Sholeh Ma’mun ST MT PhD, ketigany Dosen Prodi Teknik Kimia FTI UII. Foto: Jerri Irgo

Sementara menurut Sholeh Ma’mun ST MT PhD, Sekretaris Program Internasional PSTK FTI UII, kerjasama
antara UII dan UKM diharapkan terjalin secara berkesinambungan agar dapat memberikan manfaat lebih bagi Program Studi Teknik Kimia khususnya dan UII pada umumnya.

Dikatakan, rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah 2 program utama, yaitu Webinar 1 dengan topik Research and Innovation Commercialization pada 16 Oktober 2021 dan Webinar 2 dengan topik How to be a Good Researcher pada 20 November 2021). Pada Webinar 1 tampil sebagai narasumber adalah Prof Dr Ir Dato’ Abdul Wahab Muhammad dari UKM dan Dr Arif Hidayat ST MT dari UII, sementr pada Webinar 2 tampil sebagi narasumber Prof Dr Siti Kartom (UKM) dan Sholeh Ma’mun ST MT PhD (UII).

Pada kesempatan itu, Prof Dato’ Abdul Wahab Muhammad mengatakan bahwa komersialisasi hasil penelitian dosen sangat penting karena dapat menambah kebermanfaatan tidak hanya untuk dosen peneliti dan perguruan tinggi, tetapi juga untuk masyarakat luas.

Ia juga menjelaskan berbagai macam alur, tantangan dan hal-hal yang harus diperhatikan oleh dosen peneliti ataupun perguruan tinggi dalam hal komersialisasi inovasi penelitian. Prof Dato’ juga secara sepintas memperkenalkan keberadaan Pusat Inovasi dan Transfer Teknologi di UKM, yaitu [email protected]™.

Sementr Dr Arif Hidayat mengatakan bahwa banyak penelitian dosen dari UII yang berpotensi untuk bisa dikomersialisasikan dan bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga memperkenalkan alur untuk melakukan komersialisasi, khususnya produk Teknik Kimia beserta tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh peneliti serta memperkenalkan kepada peserta dari UKM tentangproduk-produk inovasi dari UII.

Menurut Sholeh, dalam Program Internasional Prodi Teknik Kimi FTI, UII dan UKM bekerjasama dalam team teaching dimana pengajar dari UKM mengajar selama setengah semester di PSTK UII pada mata kuliah Kalkulus dan Kimia Dasar. “Selama 7 minggu kuliah, mahasiswa PSTK UII Program Internasional merasakan dibimbing dan diajar oleh dosen-dosen berkualitas dari UKM,” kata Sholeh Ma’mun. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here