Home Technology Gebyar Information and Communication Technology 2019, Kompetisi Innovative Apps Idea

Gebyar Information and Communication Technology 2019, Kompetisi Innovative Apps Idea

437
0
Tim Makmur Laundry dari Universitas Amikom Yogyakarta sedang melakukan presentasi karyanya sebuah Prototype Aplikasi Jasa Pemesanan Laundry yang bernama Cuci.in. (Foto: Dok. Humas Amikom)

BERNASNEWS.COM — Gebyar Information and Communication Technology (ICT) 2019 yang digelar pada bulan Agustus hingga November 2019, merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Event ini sebagai sarana untuk menyalurkan inovasi, kreativitas dan keterampilan mahasiswa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya di bidang teknologi.

Dalam acara tersebut digelar beberapa kompetisi perlombaan diantaranya Cinematography Competitions, Innovative Apps Idea, dan Micro Drone Race. Sementara Innovative Apps Idea diselenggarakan, tanggal 10 November 2019, di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,  adalah kompetisi yang bertujuan menantang para peserta untuk dapat menuangkan ide, inovasi dan strategi bisnis dalam mengembangkan suatu aplikasi dan juga dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas melalui fungsionalitasnya berbasis Web atau Mobile.

“Kompetisi Innovative Apps Idea (IAI) diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Dalam acara tersebut Tim Makmur Laundry dari Universitas Amikom Yogyakarta ikut serta dalam memeriahkan acara tersebut dengan membuat Sebuah Prototype Aplikasi Jasa Pemesanan Laundry yang bernama Cuci.in,” terang Kepala Humas Amikom Erick Hadi Saputra,S.Kom, M.Eng melalui keterangan tertulis, yang dikirim ke Bernasnews.com, Selasa (12/11/2019).

Lanjut Erick, kegiatan Final IAI diikuti oleh 25 Tim Finalis yang telah lolos dari seleksi sebelumya. Dalam acara tersebut dibagi menjadi dua tahap yaitu Mini Expo dan Final Presentasi. Setiap tim mengadakan Mini Expo di tempat yang telah dipersiapkan oleh Panitia. Penilaian dilakukan oleh dua juri profesional di bidangnya yaitu, Alfi Setyadi (CEO cekstok.com) dan Anggita Satriya K. (Lead IxDA malang). Point penilaian Mini Expo antara lain, innovative, impact, UI/ UX, dan Bussines Strategy.

“Dari Tahap Mini Expo dipilih 10 Tim untuk lanjut ke babak Final Presentasi, salah satunya termasuk Tim Makmur Laundry dari Universitas Amikom Yogyakarta. Point penilaian final presentasi, meliputi, speech delivery, time management, interest, dan demonstration,” ungkapnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here