Home News Gathering Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY: “Make a Teamwork, Get the Dream...

Gathering Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY: “Make a Teamwork, Get the Dream Work”

503
0
Sebagian peserta gathering FBE UAJY sesi foto bersama usaia pembukaan acara. (Foto: Dok. Humas UAJY)

BERNASNEWS.COM — Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) atau Atma Jogja, menyelenggarakan gathering bagi karyawan dan dosen (kardos), tanggal, 31 Januari – 1 Februari 2020, di Tawangmangu, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam kelompok.

“Di samping itu, bertujuan untuk menjaring masukan dari kardos. Kegiatan gathering juga merupakan sarana refreshing bagi kardos,” ungkap Budi Suprapto selaku Dekan FBE Atma Jogja, Minggu (2/2/2020), melalui rilis yang dikirim ke Bernasnews.com.

Pada hari pertama kegiatan diisi dengan dinamika kelompok. Dinamika kelompok berasal dari kata dinamika yang berarti interaksi atau interdependensi antara kelompok satu dengan yang lain dan kelompok yang berarti kumpulan individu yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan bersama.

Dari beberapa referensi dinyatakan fungsi dinamika kelompok, diataranya yaitu, 1) Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan organisasi. 2) Memudahkan pekerjaan. 3) Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga seleseai lebih cepat, efektif dan efisien. Salah satunya dengan membagi pekerjaan besar sesuai bagian kelompoknya masing-masing atau sesuai keahlian. 4) Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan organisasi/masyarakat dengan memungkinkan setiap individu memberikan masukan, berinteraksi, dan memiliki peran yang sama dalam organisasi/masyarakat.

“Dengan demikian jelas kegiatan dinamika kelompok dilaksanakan dengan harapan kardos disegarkan kembali untuk dapat bekerjasama untuk mengatasi persoalan yang muncul dalam organisasi,” jelas Y. Sri Susilo (Kaprodi Ekonomi FBE UAJY) selaku Humas.

Sebagian kardos peserta gathering FBE UAJY melakukan sesi foto bersama usai pembagian dorprise dalam acara penutupan. (Foto: Dok. Humas UAJY)

Pada malam harinya dilakukan acara santai berupa nyanyi dan goyang bersama. Dengan duet MC kondang, kompak, dan kocak yakni Max dan Tya. “Dalam acara tersebut kardos yang mempunyai hobby menyanyi dapat tersalurkan, sedangkan yang tidak bisa bernyanyi diwajibakan berjoged dan bergoyang,” terang Y. Sri Susilo.

Pada hari ke-dua dilaksanakan acara untuk memberikan masukan oleh kardos kepada pengurus FBE Atma Jogja. Acara dipimpin Dekan FBE UAJY dan M. Parnawa Putranta (Ketua Senat FBE Atma Jogja) berlangsung dengan lancar dan dalam suasana santai.

Beberapa masukan dari kardos antara lain,1) Permasalahan dan solusi KRS Online. 2) Permasalahan dan solusi perkuliahan (termasuk kuliah di luar kampus maksimal 4x). 3) Perubahan struktur oranisasi di FBE UAJY serta implikasinya. 4) Rencana dan tahapan Akreditasi Internasioanl ABEST 21. 5) Rekrutmen dosen baru yang bergelar doktor.

“Selaku dekan, saya mengucapkan terima kasih atas seluruh masukan kardos dan masukan tersebut oleh pengurus FBE Atma Jogja untuk dicarikan solusinya, baik dengan Senat FBE UAJY, Rektorat, atau Yayasan,” demikian tegas Budi Suprapto.

Dalam penutupan acara dilakukan pembagian doorprize yang merupakan sumbangan dari mitra kerja FBE Atma Jaya. Doorprize tersebut dari barang-barang elektronik, seperti TV, Lemari Es, Kipas Angin, dan sebagainya sampai voucher belanja. “Hampir semua peserta gathering sebanyak 50 orang memperoleh doorprize,” pungkas Y. Sri Susilo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here