Home News Friederich Batari Siap Maju jadi Caketum Pemuda Katolik 2021-2024

Friederich Batari Siap Maju jadi Caketum Pemuda Katolik 2021-2024

99
0
Logo PP Pemuda Katolik

BERNASNEWS.COM – Ketua Bidang Kominfo Pengurus Pusat Pemuda Katolik Periode 2018-2021 Frederich Batari MI.Kom siap maju menjadi calon ketua umum (caketum) Pengurus Pusat Pemuda Katolik Periode 2021-2024. Kesiapan itu disampaikan Friedeich dalam surat terbuka yang dikirim kepada Ketua Umum dr Karolin Margret Natasa, Sekjen Christopher Nugroho beserta seluruh Pengurus Pusat Pemuda Katolik 2018-2021, para Ketua/Pengurus Komda dan para Ketua/Pengurus Komcab Pemuda Katolik di seluruh Indonesia dan seluruh alumni/anggota Pemuda Katolik pada Rabu, 20 Oktober 2021.

“Hari ini, Rabu, 20 Oktober 2021, saya mohon izin sekaligus secara terbuka menyampaikan bahwa saya bersedia dan menyatakan siap untuk maju menjadi bakal calon ketua umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Periode 2021-2024. Saya ingin menjadi bagian dari sejarah perjalanan Pemuda Katolik untuk berkontribusi melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Pemuda Katolik dari Ibu Ketum dr Karolin Margret Natasa. Saya sungguh sadar banyak prestasi yang telah ditorehkan Pemuda Katolik di bawah kepemimpinan Ibu dr. Katolin Margret Natasa dan jajarannya meskipun menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Ini semua menjadi modal bagi Pemuda Katolik ke depan untuk terus bergerak mengabdi dan memberi pelayanan terbaik kepada Gereja dan Bangsa,” tulis Friederich dalamsurat yang juga diterima Bernasnews.com, Rabu 20 Oktober 2021 malam.

Friedercih mengaku sadar bahwa prestasi yang sudah diraih enjadi tantangan bagi pengurus Pemuda Katolik tiga tahun ke depan untuk mempertahankan bahkan lebih meningkatkan lagi. Sementara tantangan ke depan tidak ringan karena makin kompleks. Oleh karena itu, perlu pemimpin yang menggerakkan seluruh sumber daya organsiasi.

“Saya mengilustrasikan, pemimpin sebagai dirigen. Pemimpin orkes simfoni, korps musik atau paduan suara. Dirigen yang tidak saja merangkul tetapi juga mengenali semua anggota yang terlibat sehingga dapat menghadirkan alunan musik/lagu nan merdu yang dapat memberi keteduhan, kebahagiaan, dan kedamaian bagi anggota dan masyarakat sekitarnya,” kata Friederich.

Dengan kebersamaan, menurut Friederich, ia yakin dapat memotret persoalan pokok yang dihadapi Pemuda Katolik saat ini dan ke depan. Bagaimana kader Pemuda Katolik menjawab tantangan yang dihadapi baik pada skala lokal/daerah, nasional, regional dan internasional? Bagaimana kader Pemuda Katolik bisa hadir dan berperan dalam berbagai aspek kehidupan baik sosial budaya, pendidikan, ekonomi, hukum, Iptek, termasuk politik khususnya pada Pemilu/Pilpres 2024.

Bagaimana pula kader Pemuda Katolik bisa ikut menjadi bagian penting dalam menyukseskan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs). Lantas, pada momentum Satu Abad Indonesia Merdeka: Bagaimana kader Pemuda Katolik ikut mewujudkan Indonesia 2045 Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur?

Sejumlah pertanyaan/tantangan tersebut, menurut Friederich, harus menjadi konsen bersama dan mendapat prioritas utama pembahasan selama pelaksanaan Kongres Nasional XVIII Pemuda Katolik di Semarang, 12-14 November 2021.

Ormas Pemuda Katolik Komisariat DIY memberikan sejumlah bantuan kepada Asrama ASMI St Maria yang diterima oleh seorang suster biarawati, Senin, 4 Mei 2020. Foto : Dok PK Komisariat DIY

“Perlu dicatat bahwa selama ini saya telah berproses dengan sungguh-sungguh dalam kegiatan di kepengurusan Pemuda Katolik. Sejak menjadi Wakil Sekjen 2014-2015 dan Ketua Bidang Kominfo Pengurus Pusat Pemuda Katolik 2015-2021 saya mengikuti dan terlibat dalam kegiatan Pemuda Katolik. Saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sejumlah daerah baik kegiatan Komda maupun Komda sebagai tuan rumah kegiatan nasional antara lain: Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Bali, NTT, Maluku, dan Papua Barat,”katanya.

Dengan pertimbangan pengalaman dan berbekal riwayat pendidikan/profesi yang digeluti, maka ia minta izin, doa dan dukungan semua pihak ia segera mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum. Hal ini merupakan salah satu tahapan proses yang ditetapkan oleh SC Kongres Nasional XVIII 2021. Sementara visi, misi dan program serta biodata lengkap akan menjadi bagian yang dilampirkan saat pendaftaran.

“Saya siap membuka diri untuk berdiskusi dan bekerja sama untuk bergerak dan bangkit memajukan Pemuda Katolik,” kata Friederich. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here