Home News Forum Budaya Mataram dan Disdik Wilayah VII Solo Raya Gelar Diskusi Budaya

Forum Budaya Mataram dan Disdik Wilayah VII Solo Raya Gelar Diskusi Budaya

630
0
Brosur seminar nasional dan diskusi budaya. Foto : repro panitia

BERNASNEWS.COM – Forum Budaya Mataram (FBM) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Wilayah VII Solo Raya, Jawa Tengah dan UNS akan Seminar Nasional Sejarah dan Diskusi Budaya di Masjid Agung Surakarta, Minggu (7/3/2020) mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Seminar dan diskusi dengan tema Masa Peralihan Mataram Islam itu menghadirkan tiga narasumber yakni Ketua Jurusan Sejarah UNS Dr Susanto, Ketua Paguyuban Sejarawan Ngayogyakarta (PSN) Dra Chatarina Etty SH MSi MPd dan kandidat Doktor Sejarah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta/AGSI Provinsi DIY Drs Lilik Suharmaji MPd dengan moderator Dr H Andi Budi Sulistijanto SH M.Kom dari Universitas Matana Jakarta.

Ketua Paguyuban Sejarawan Ngayogyakarta (PSN) Dra Chatarina Etty SH MSi MPd sebagai salah satu pembicara kepada Bernasnews.com mengatakan, seminar dan diskusi tersebut bakal berlangsung seru dan menarik. Sebab Perjanjian Giyanti yang menjadi akta pembagian Nagari Mataram Islam menjadi Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta Hadiningrat bisa jadi menimbulkan pro dan kontra serta perdebatan.

Karena menariknya tema seminar nasional dan diskusi tersebut, menurut Chatarina Etty, jumlah peserta yang akan mengikuti acara tersebut sampai sekarang melebihi kapasitas gedung. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti dari Jogja, Purworejo, Purwokerto, Gombong, Sragen, Semarang, Kudus, Jakarta dan sebagainya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here