Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanFLS2N 2022 DIY Jadi Wadah Berkreasi Anak Berkebutuhan Khusus

FLS2N 2022 DIY Jadi Wadah Berkreasi Anak Berkebutuhan Khusus

bernasnews.com – Festival dan Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (FLS2N) yang dilakukan berjenjang sejak tingkat kota/kabupaten, kemudian provinsi dan berlanjut ke tingkat nasional merupakan upaya pengembangan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang seni. Dengan mengedepankan sportivitas dan kreativitas, FLS2N 2022 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi wadah berkreasi siswa berkebutuhan khusus.

Hal itu mengemuka dalam perbincangan dengan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah – Sekolah Luar Biasa (KKKS-SLB) Kabupaten Bantul DIY Drs Untung dan para kepala SLB se Bantul pada acara seleksi FLS2N untuk siswa berkebutuhan khusus tingkat Kabupaten secara daring di SLB Marsudi Putra 1 Manding, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Manding, Trirenggo, Bantul, Kamis (9/6/2022).  

Kepada bernasnews.com, Drs Untung yang didampingi Sekretaris KKKS-SLB Bantul Umi Komzanah, S.Pd., M.Pd. dan para kepala SLB di Bantul mengemukakan, ada tujuh materi lomba di FLS2N. Ketujuh materi lomba tersebut adalah cipta dan baca puisi, cipta komik strip, menyanyi, melukis, desain grafis, pantomim, dan MTQ.

“Ya karena kondisi belum sepenuhnya memungkinkan, lomba ini diadakan secara daring. Meski pesertanya relatif terbatas, namun semangat berkreasi para peserta siswa berkebutuhan khusus tinggi dan membanggakan. Mereka kreatif dan inovatif dalam berkarya. Kita perlu terus melakukan pembinaan dan pengembangan agar kemampuan siswa bertumbuh,” kata Untung.

Suasana penjurian kegiatan FLS2N bagi Anak Berkebutuhan Khusus 2022 DIY Tingkat Kabupaten di SLB Marsudi Putra 1 Manding, Bantul, DIY, Kamis (9/6). Foto : Humas KKKS-SLB Bantul

Salah satu kriteria penilaian FLS2N Kabupaten Bantul tahun 2022 jenis lomba komik strip misalnya, menekankan empat variabel dengan skor maksimal berbeda. Untuk kesesuaian dengan tema, komik strip yang diciptakan sesuai dengan tema dan naskah cerita (skor 20).

Daya tarik karakter/tokoh : tokoh komik strip yang diciptakan mengandung ciri karakter yang hidup dan khas melalui kata-kata dan gambar (skor 30). Daya tarik cerita : komik strip yang diciptakan mengandung plot cerita yang menarik melalui kata dan gambar (skor 25). Kemudian gaya gambar diberikan skor maksimal 25.

Semua kegiatan FLS2N Kabupatenm Bantul 2022 dimulai sejak tanggal 28 – 31 Mei pendaftaran peserta, 2 – 6 Juni pengiriman video, 7 Juni pengiriman karya, 8-9 Juni seleksi dan 11 Juni pegumuman. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments