Home News FKSS Tanam Pohon di Bantaran Kali Bedog Jogokerten Trimulyo

FKSS Tanam Pohon di Bantaran Kali Bedog Jogokerten Trimulyo

546
0
Ketua Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) AG Irawan bersama Ketua Komunitas Bedog Jogokerten Sigit Pramono dan pegiat sungai Sleman melakukan tanam pohon di bantaran Kali Bedog, Jogokerten, Trimulyo, Sleman, Minggu (7/3/2021) pagi. Foto: Eko Ari Wibowo

BERNASNEWS.COM – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, sejumlah pegiat komunitas sungai di Kabupaten Sleman yang tergabung dalam Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) terus melakukan penanaman pohon konservasi di beberapa bantaran sungai. Salah satunya di bantaran Sungai Bedog, Padukuhan Jogokerten, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman, Minggu (7/3/2021) pagi.

Hadir dalam acara tersebut pejabat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, Jajaran Kapanewon Sleman, Koramil dan Polsek Sleman. Tampak hadir pula sejumlah pejabat Kalurahan Trimulyo, Dukuh Jogokerten, Karang Taruna, Saka Kalpataru Kabupaten Sleman serta warga setempat.

Sekitar 50 bibit pohon konservasi dan pohon buah diantaranya bibit pohon pule, pohon klengkeng, alpokat dan jambu yang merupakan sumbangan dari DLH Sleman, mulai ditanam di bantaran sungai tersebut.

Dari kanan ke kiri: Kabid PLH Sleman Ir.Purwoko Sasmoyo, MT dan Panewu Sleman Mustadi, S.Sos,MM secara simbolis menyerahkan bibit pohon buah jambu madu deli kepada Ketua Komunitas Kali Bedog Jogokerten Sigit Pramono untuk di tanam di bantaran Sungai Bedog, Jogokerten, Minggu (7/3/2021). Foto: Eko Ari Wibowo

Panewu Sleman Mustadi S.Sos MM menyambut baik kegiatan masyarakat khususnya anak-anak muda yang peduli dengan lingkungan. Terlebih dalam menjaga dan melestarikan ekosistem sungai di wilayahnya. “Kita punya potensi sungai yang bagus. Alam yang masih asri. Mari kita bersama menjaga kekayaan alam ini. Sering-seringlah melihat dan bermain di sungai, sehingga tahu jika perubahan lingkungan yang terjadi,” kata Mustadi saat duduk berbincang bersama warga di pinggir sungai Bedog Jogokerten.

Hal senada disampaikan Lurah Trimulyo Suharjono HK SPd yang juga turut hadir dalam acara bersih sungai dan tanam pohon tersebut. Pihaknya mengapresiasi kegiatan pemuda yang mau peduli lingkungan. “Kami sangat mendukung gerakan kepedulian lingkungan seperti ini. Semoga ini dapat terus berjalan sehingga alam sekitar terus terjaga,” terangnya.

Ketua Komunitas Sungai Bedog Jogokerten Sigit Pramono mengungkapkan kegembiraannya atas terselenggaranya kegiatan bersih sungai dan kegiatan konservasi di wilayahnya. “Ini merupakan langkah awal bagi kami juga warga yang lain, terlebih anak-anak muda agar semakin peduli dengan alam sekitar kami,” kata dia.

Dukuh Jogokerten Mulyana Jati (kanan baju biru berpeci) memandu prosesi penanaman pohon di bantaran Sungai Bedog Jogokerten, Minggu (7/3/2021) pagi. Foto: Eko Ari Wibowo

Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup (PLH) DLH Sleman Ir.Purwoko Sasmoyo, MT menegaskan, kegiatan konservasi lingkungan harus melibatkan masyarakat setempat. “Kami dari dinas akan mendukung gerakan pelestarian lingkungan selama masyarakat menginginkan,” tegasnya.

Tahun 2021 ini Bidang PLH DLH Sleman akan melaksanakan kegiatan kerja bakti bersih sungai sebanyak 25 kali. Dengan lokasi yang ditentukan bersama komunitas sungai setempat dan FKSS. Juga melakukan gerakan penanaman pohon di sejumlah bantaran sungai.

Pada tahun ini akan dilakukan pula indentifikasi sumber pencemar di sepanjang Sungai Bedog hulu (atas) hingga hilir di wilayah Kabupaten Sleman. Dari kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi yang efektif kepada publik, agar kian peduli dan mencintai lingkungan. (AG Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here