Home News FKPPI Sleman Peringati Hari Pahlawan dengan Cara yang Unik

FKPPI Sleman Peringati Hari Pahlawan dengan Cara yang Unik

235
0
FKPPI Sleman berziarah dan tabur bunga di TMP Pejuang 1945, Belecatur, Gamping, Sleman, Selasa (10/11/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI) Sleman memiliki cara yang unik dalam memperingati Hari Pahlawan 2020. Tidak seperti umumnya peringatan Hari Pahlawan yang dilakukan dengan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), FKPPI Sleman justru memadukan beberapa giat sekaligus pada Hari Pahlawan tahun ini.

Pertama melakukan studi dan anjangsana ke museum. Kedua, ziarah dan tabur bunga ke TMP Pejuang 1945 dan diakhiri dengan mengunjungi Monumen Bibis.

Setidaknya ada dua museum yang dijadikan tempat studi dan anjangsana, yakni Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama” dan Museum Sandi.

Para Pengurus FKPPI Sleman berfoto bersama pemandu di depan Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”, Selasa (10/11/2020). Foto : Istimewa

Di Museum Dharma Wiratama, para pengurus FKPPI Sleman belajar banyak dan mendapat informasi penting bahwa di gedung yang dipakai sebagai museum tersebut untuk pertama kalinya organisasi tentara dibentuk. Pemilihan Panglima TKR (kelak berubah menjadi TNI) pertama kali pun dilakukan di gedung tersebut. Markas Besar Tentara yang pertama pun di gedung yang sama. Berbagai diorama serta peninggalan sejarah TNI ada semua di Museum Dharma Wiratama.

Museum kedua yang dikunjungi adalah Museum Sandi yang berada di bilangan Kotabaru, Yogyakarta. Di museum tersebut para pengurus FKPPI Sleman belajar tentang sejarah persandian dan kode dari seluruh dunia secara umum dan persandian di Indonesia mulai era Perang Kemerdekaan hingga sekarang.

Para Pengurus FKPPI Sleman dengan seksama mendengarkan penjelasan petugas di Museum Sandi Negara, Selasa (10/11/2020). Foto : Istimewa

Sejarah perang dan politik tidak bisa dilepaskan dari unsur sandi dan kode rahasia. Bahkan tak jarang kemenangan sebuah pertempuran berkat penguasaan sandi dan terbongkarnya sandi serta kode musuh.

Kunjungan berikutnya adalah ke TMP Pejuang 1945 yang berlokasi di Balecatur, Gamping. TMP ini terasa spesial karena digunakan khusus hanya untuk memakamkan para pejuang kemerdekaan 1945. Kunjungan FKPPI Sleman ke TMP Pejuang 1945 pun sangat spesial dan menorehkan sejarah di mata pengurus TMP 45, karena FKPPI Sleman merupakan organisasi Keluarga Besar TNI yang pertama kali berkunjung dan berziarah ke TMP 1945 sejak adanya TMP tersebut puluhan tahun silam.

Paling tidak itu kesaksian dari Jumeno dan Budi Hening selaku pengurus TMP 1945. Rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang dilakukan FKPPI Sleman ditutup dengan mengunjungi Monumen Bibis di daerah Bantul. Dalam catatan sejarah, di tempat tersebut Komandan Brigade X Letkol Soeharto merancang Serangan Oemoem 1 Maret 1949.

Dengan mengunjungi museum dan monumen perjuangan di Hari Pahlawan kali ini, para pengurus FKPPI Sleman yang notabene merupakan putra-putri para patriot bangsa, bisa lebih memperdalam pengetahuan sejarah perjuangan para pendahulu dalam mempertahankan kemerdekaan. Dengan begitu akan lebih memperteguh lagi bagi FKPPI Sleman dalam menjiwai semangat serta pengorbanan para pendahulunya dalam mempertahankan NKRI. (Danang Probotanoyo S. Si, Ketua Cabang FKPPI dan Anggota PPM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here