FKM Bantul Berkunjung ke Museum BPK RI Magelang

    85
    0
    Gatot Nugroho, Ki Bambang Widodo, Dicky Dewariyanto dan Agung Kristiyanto foto bersama duta museum Foto: Indra S

    BERNASNEWS.COM – Para pengurus dan anggota Forum Komunikasi Museum (FKM) Bantul melakukan kunjungan ke
    Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Magelang di Jalan Pangeran Diponegoro Magelang, Jawa Tengah, Selasa 14 Desember 2021.

    Kunjungan yang dipimpin Ketua FKM Bantul Gatot Nugroho tersebut merupakan kunjungan balasan atas kunjungn utusan Museum BPK RI Magelang beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan itu, Pengurus dan Anggota FKM Bantul diterima oleh Kepala Museum BPK RI Dicky Dewariyanto.

    Menurut Dicky Dewariyanto, Museum BPK RI Magelang yang diresmikan pada 4 Desember 1997 memiliki ruang seluas 1.415 meter persegi yang terdiri atas ruang lobi, audio visual, wajah BPK, Titik Nol, Sang Ketua dan Rekam Jejak, perpustakaan, storage, konservasi, temporary exhibition, toko souvenir serta kafetaria.

    Dicky Dewariyanto mengemukakan, Museum BPK RI diharapkan menjadi pusat pelestarian nilai dan pengetahuan serta hasil kerja BPK RI yang komunikatif, edukatif dan rekreatif.

    Dicky Dewariyanto menjelaskan sejarah pembentukan BPK RI. Foto: Indra S

    Setelah meninjau koleksi museum, rombongan keluarga FKM Bantul mengikuti sarasehan yang diselenggarakan oleh Museum BPK RI dengan tema Transformasi, Sinergitas dan Tantangan Museum di Masa Depan“. Tampil sebagai nara sumber dalam sarasehan itu adalah Agung Kristiyanto (Ketua AMIDA Jawa Tengah) dan Ki Bambang Widodo (Ketum Barahmus DIY/Ketua I DPP AMI).

    Ketua Umum Barahmus DIY yang juga Ketua I DPP AMI Ki Bambang Widodo berharap bisa berkolaborasi dengan AMIDA Jawa Tengah. Sementara sarasehan yang dilakukan diharapkan dapat mempertemukan FKM Bantul dengan anggota 15 museum dan FKM Magelang Raya dengan 12 museum.

    Rombongan Pengurus dan Anggota FKM Bantul foto bersama di depan gedung Museum BPK RI Magelang. Foto: Istimewa

    Menurut Ki Bambang Widodo dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com pada Rabu 15 Desember 2021, sarasehan yang juga dihadiri para Kepala Museum Anggota FKM Magelang Raya itu diakhiri dengan penyerahan cindera mata sebagai ucapan terima kasih, masing-masing oleh Gatot Nugroho dan Dicky Dewariyanto.

    Ki Bambang Widodo sendiri menyerahkan buletin Barahmus DIY kepada Agung Kristiyanto, diakhiri foto bersama nara sumber dan 2 orang Ambassador/Duta Museum Jenderal Besar HM Soeharto dan Museum Tembi Rumah Budaya. Selanjutnya rombongan FKM Bntul melakukan audisensi dan diterima oleh Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwid Kasiyani SS MA diakhiri kunjungan ke obyek wisata Candi Borobudur. (*/lip)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here