Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanFISIP UAJY Sepakat untuk Bekerjasama dengan bernasnews.com

FISIP UAJY Sepakat untuk Bekerjasama dengan bernasnews.com

bernasnews.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan bernasnews.com sepakat untuk bekerjasama sesuai dengan visi dan misi demi peningkatan kualitas pendidikan dan anak-anak bangsa yang belajar di fakultas ini.

Hal tersebut mengemuka ketika Dekan FISIP UAJY F.X. Bambang Kusumo Prihandono, M.A. dan jajaran pimpinan fakultas menerima kunjungan bernasnews.com di ruang rapat fakultas setempat, Babarsari 6 Yogyakarta, Rabu (27/4/2022).

Turut mendampingi Bambang Kusumo, Wakil Dekan 1 Alexander Beny Pramudyanto, M.Si, Wakil Dekan II Ike Devi Sulistyaningtyas, M.Si, dan Wakil Dekan III Sherly Hindra Negoro, M.I.Kom. Sedangkan dari bernasnews.com terdiri Pemimpin Umum Drs. Philipus Jehamun, Pemimpin Redaksi Y.B. Margantoro, Manager Iklan Harginingsih, dan Sekretaris Korporat Alih Media Ayusandra.

Bambang Kusumo mengatakan, FISIP UAJY awalnya mengampu dua program studi (prodi) S1 yakni ilmu komunikasi dan sosiologi. Dalam perkembangannya, kini juga mengampu prodi S2 Ilmu Komunikasi.  Selain itu, prodi S1 Ilmu Komunikasi dikembangkan dengan program ilmu komunikasi internasional atau International Communication Programme (ICP) bekerjasama dengan Universitas Ilmenau, Jerman. Sehingga lulusannya memiliki double degree. Para mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi UAJY studi 1 tahun di Universitas Ilmenau dan sebaliknya mahasiswa Ilmaenau belajar 1 tahun di FISIP UAJY.

“Minat masuk studi di Ilmu Komunikasi FISIP memiliki tingkat tertinggi di UAJY, sedangkan Prodi Sosiologi relatif biasa seperti pada umumnya sosiologi di kampus lain. Sosiologi kami melakukan kerjasama riset dengan Universitas Ilmenau antara lain dalam pertanian organik. Secara umum, selain dengan Jerman, fakultas kami juga bekerjasama dengan beberapa universitas di Jepang, Thailand, Cina, Korea,” kata Bambang.

Kaprodi Sosiologi FISIP UAJY Y. Kunharibowo, M.A. (kiri) dan Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP UAJY Ranggabumi Nuswantoro, M.A. di kampus FISIP UAJY, belum lama ini. Foto : Y.B. Margantoro/bernasnews.com

Menurut dia, kerjasama dengan para pihak antara lain dengan media itu penting. Selain karena pihaknya mengampu ilmu komunikasi yang sama-sama mempelajari dan mempraktekkan komunikasi sebagaimana dilakukan oleh media massa, juga karena konsentrasi studi Sosiologi UAJY adalah bisnis dan media.

Pemimpin Umum bernasnews.com Philipus Jehamun dan Pemimpin Redaksi Y.B. Margantoro mengatakan, para mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Sosiologi UAJY yang nantinya akan bekerja atau berkarya di masyarakat perlu pula dibekali dengan wawasan dan pengalaman praktek lapangan di industri dalam hal ini media pers. Untuk itu, bernasnews.com dapat menjadi mitra bagi FISIP UAJY untuk kerjasama internship, penulisan karya mahasiswa atau dosen, dan hal-hal lain yang dipandang perlu.

Dekan dan para wakil dekan FISIP UAJY sepakat untuk melaksanakan kerjasama ini dengan terlebih dulu mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukan dan siapa yang harus bertanggungjawab dalam pelaksanaan kerjasama. Harapannya, dalam kebersamaan ini akan dapat membantu meningkatkan kualitas lulusan khususnya maupun pendidikan umumnya.          

Bisnis dan media

Pada kesempatan terpisah, Kaprodi Sosiologi Y. Kunharibowo, M.A. kepada bernasnews.com mengatakan, dunia dan kehidupan kita mendatang akan terus dipengaruhi oleh bisnis dan media. Prodi Sosiologi Bisnis dan Media di FISIP UAJY mendidik mahasiswa untuk analisis kritis terhadap interaksi sosial dalam organisasi bisnis dan media, bagaimana konteks sosial mempengaruhi pengelolaan hubungan personal dan professional dalam organisasi profit dan nonprofit, bagaimana hubungan antarbisnis, media dan sistem sosial politik ekonomi.

“Dengan kompetensi riset dan analisis data yang dilengkapi dengan kemampuan berpikir kritis serta soft-skills yang tepat guna, lulusan kami akan memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan karier di berbagai bisnis dan media, maupun kewirausahaan,” kata Kunharibowo.

Untuk itu, Prodi Sosiologi UAJY membekali mahasiswa program internship, workshop atau training, dan fasilitas kampus, selain berbagai mata kuliah yang sesuai untuk masa depan lulusan prodi ini. (mar)   

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments