Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaFilm Animasi Gathutkaca, Memperkenalkan Wayang pada Anak Kekinian

Film Animasi Gathutkaca, Memperkenalkan Wayang pada Anak Kekinian

bernasnews.com – Seni wayang telah diakui oleh UNESCO, pada tanggal 7 November 2003, yang menetapkan wayang sebagai pertunjukan boneka tersohor dari Indonesia. Sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dan seni bertutur.

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam memperkenalkan wayang warisan budaya leluhur kepada generasi kekinian, agar mengenal wayang baik dari bentuk, tokoh dan ceritra serial wayang agar tak punah oleh gempuran produk-produk global.

Suasana pembelajaran wayang secara kreatif dalam bentuk film animasi ‘Gathutkaca’, yang diselanggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta memberikan pembelajaran wayang secara kreatif kepada anak dan remaja melalui film animasi ‘Gathutkaca’. Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari, Senin-Selasa, 20-21 Juni 2022, bertempat di Science Theater Taman Pintar Yogyakarta.

Kegiatan dikemas dengan cara menarik dan interaktif, diikuti oleh 50 peserta kategori anak dan remaja usia 8 – 15 tahun. Selain melalui pemutaran film animasi ‘Gathutkaca’. Juga terdapat permainan seru. Peserta diajak memainkan wayang, mengenal tokoh, dan mencoba pertunjukan wayang.

Peserta kategori anak dan remaja sangat antusias mendengarkan penuturan dari nara sumber tentang kesenian wayang. (Foto: Istimewa)

Menghadirkan nara sumber Elisha Orcarus Allasso, Fani Rickyansyah, dan Bayu Aji Nugraha, yang merupakan seniman atau pegiat budaya khususnya wayang dan pedalangan di Yogyakarta. Dipandu oleh MC Febri Setiawan. Mereka mengajak anak-anak bermain game untuk mengenal tokoh-tokoh serta kisah dan karakter wayang.

Game tersebut dilakukan dengan cara menebak tokoh wayang yang tergambar di masing-masing flash card yang dibagikan agar mereka lebih mudah mengenal dan mengingat wayang, serta membangkitkan minat, kreatifitas serta kecintaan anak-anak generasi kekinian terhadap kesenian wayang. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments