Film Alang-alang, Kisah Bocah Pencuri Ikan untuk Bertahan Hidup

    100
    0
    Roadshow film Alang-alang di Yogyakarta. (Foto: Len)

    Film Alang-alang rencananya bakal diikutsertakan dalam sederet festival film internasional dan bakal dirilis di bioskop Indonesia pada kuartal II 2022. Film dari Rumah Produksi Aksa Bumi Langit ini dibuat di Pekalongan.

    Film Alang-alang ini dibintangi oleh Putri Ayudya dan Rafli Anwar yang menceritakan kisah seorang anak yang terpaksa mencuri ikan untuk bertahan hidup. Pekalongan menjadi latar tempat dari film ini lantaran memiliki sejarah soal tempat pelelangan ikan terbesar di Indonesia.

    Khusnul Khitam, penulis Film Alang-alang berupaya untuk mengingatkan agar orang dewasa bisa mendukung anak-anak. 

    “Harapan kita, film Alang-alang dapat mengajak seluruh kita, terutama orang dewasa untuk lebih sadar dan mendukung seluruh anak-anak di sekitar kita agar memiliki harapan baik akan masa depan mereka,” ujarnya.

    ‘Alang-alang’ sendiri merupakan istilah untuk anak-anak yang mencuri ikan di tempat pelelangan ikan di Kota Pekalongan. Naskah film ditulis sejak 2010 dan rampung syuting pada Maret 2021 kemarin.

    Film ini mengisahkan seorang anak bernama Huda meninggalkan rumah setelah ibunya meninggal. Ayahnya berperilaku kasar padanya.

    Ia hidup di tempat pelelangan dan memiliki mimpi untuk mendapatkan ikan berwujud emas di laut. Namun, ia kehabisan pilihan dan berjuang dalam keputusasaan.

    Untuk kenalkan film Alang-alang ini, Rumah Produksi Aksa Bumi Langit melakukan roadshow di 5 kota yaitu Bandung, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Pekalongan. 

    “Proses ini dapat terselenggara dengan kerja sama yang apik dan proses kreatif yang penuh diskusi dengan semangat yang sama mewujudkan film ini,” ujar Chandra Sembiring, Produser FIlm Alang-alang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here