Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomePendidikanFH UWM Gelar Praktek Peradilan Semu

FH UWM Gelar Praktek Peradilan Semu

bernasnews.com — Dalam rangka mengimplementasikan ilmu yang didapat selama kuliah, Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram (UWM) menyelenggarakan ‘Praktek Peradilan Semu’ untuk mahasiswa semester VI, kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Praktek Latihan Kemahiran Hukum (PLKH).

Praktek Peradilan Semu dilaksanankan selama 3 hari, pada tanggal 5, 6 dan 8 Agustus 2022, bertempat di Pendopo Agung UWM, Komplek Mangkubumen Yogyakarta. Materi praktek hukum ini meliputi, Hukum Pidana, Hukum Perdata, dan Hukum Tata Usaha Negara.

Suasana giat Praktek Peradilan Semu pada hari pertama yang digelar oleh Fakultas Hukum UWM, Jumat (5/8/2022). Foto: Nuning Harginingsih/ bernasnews.com.

Dosen Mata Kuliah PLKH Dr. Aida Dewi, SH, MH dalam sambutan pembukaan acara ini mengungkapkan, bahwa kegiatan Praktek Peradilan Semu adalah untuk menyiapkan mahasiswa yang handal  dalam berpraktek peradilan, terutama mengetahui hukum acara peradilan baik pidana, perdata dan tata usaha negara.

“Sehingga kedepannya setelah lulus bisa menjadi sarjana hukum  yang diharapakan  menjadi ahli dibidang perkara pidana, perdata dan tata usaha negara,” kata Aida Dewi, di sela-sela acara pembukaan, Jumat (5/8/2022).

Lanjut dia, mata kuliah  PLKH ini sudah diajarkan oleh Fakultas Hukum UWM sejak tahun 2015. Namun karena adanya pendemi, selama 2 tahun praktek peradilan semu ini sempat vakum tidak diselenggarakan.

“Baru mulai semester ini diadakan kembali dengan jumlah peserta berkisar 300 mahasiswa, Angkatan 2019, semester VI. Mahasiswa Fakultas Hukum UWM kelas regular dan kelas malam, yang dibagi 6 kelompok,” beber Aida. (nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments