Home Pendidikan FH UWM: Belajar Bermasyarakat Melalui Bakti Sosial

FH UWM: Belajar Bermasyarakat Melalui Bakti Sosial

652
0
Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Widya Matara (UWM) Yogyakarta, menggelar acara Bakti Sosial. (Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Fakultas Hukum (FH) Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, Sabtu (20/07/2019), menggelar kegiatan Bakti Sosial, di Dusun Wunut, Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara yang bertema Berbagi, Berbakti dan Mengabdi tersebut, dihadiri oleh kepala desa, kepala dusun dan tokoh masyarakat setempat.

Dekan FH UWM Kelik Endro Suryono, SH, M.Hum, mengatakan, bahwa mulai tahun ini Bakti Sosial (Baksos) dilaksanakan rutin setiap tahunnya, tahun ini di Dusun Wunut setelah tahun sebelumnya di Gunung Mungker. Dan berharap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat belajar bermasyarakat dan dapat menggunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

“Harapannya masyarakat  juga bisa mengenal FH UWM lebih dekat. Terutama dalam pelaksanaan Baksos sebagai Fakultas Hukum, maka akan diadakan penyuluhan hukum kepada masyarakat yang menghadirkan narasumber dosen Fakultas Hukum dan dari Polres Gunungkidul,” tutur Kelik.

Jufri Mahasiswa FH UWM selaku ketua panitia, kepada Bernasnews.com, melalui pesan Whats App (WA) yang dikirim di sela kegiatan, menambahkan, bahwa rangkaian acara yang akan dilaksanakan diantaranya, pemberdayaan perempuan, lomba anak, keakraban, dan penyuluhan hukum. Sedangkan Kepala Dusun Lilik Megantoro mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan Baksos.  Harapannya, Baksos bisa berjalan lancar dan berdampak positif bagi warga Wunut.

Sementara dalam acara pembukaan Baksos yang diselenggarakan di Balai Dukuh Wunut, Kepala Desa Sumberwungu Tukinah, A.Md., S.Pd, menjelaskan, bahwa desa Sumberwungu ini terdiri dari 19 dusun, salah satunya adalah Dusun Wunut yang lokasinya berada di tengah diantara padukuhan yang lain. Wunut ini juga kampung Keluarga Berencana (KB) bertujuan agar masyarakat sadar pendidikan.

“Disamping itu juga menekan terjadinya perkawinan usia dini dan banyaknya perceraian, sehingga Baksos ini sangat nyambung,” ungkap Tukinah.

Tukinah, juga mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan Baksos, sembari berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga Dusun Wunut dan Desa Sumberwungu, serta dapat diterima dan dimanfaatkan masyarakat setempat untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (*/nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here