Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsFFTI Meriahkan World Fair Trade Day, Soroti Strategi Kurangi Dampak Perubahan Iklim

FFTI Meriahkan World Fair Trade Day, Soroti Strategi Kurangi Dampak Perubahan Iklim

bernasnews – Sabtu minggu kedua di bulan Mei, diperingati sebagai Hari Perdagangan Berkeadilan Sedunia atau World Fair Trade Day. Di tahun 2022 ini, tema besar yang diambil ialah ‘Climate Justice. Let’s do it fair’. Peringatan ini juga dilakukan oleh para anggota WFTO Global yang sebagian besar tergabung dalam Forum Fair Trade Indonesia.

Sekretaris Jenderal FFTI, Netty Febriana mengatakan, disadari atau tidak, perubahan iklim telah pula mempengaruhi sector ekonomi dan perdagangan baik secara langsung atau tidak. Hal ini dikarenakan dampak perubahan iklim terjadi hampir di semua sektor yang terkait dengan ekonomi dan perdagangan.

Kerusakan hutan, emisi karbon, cuaca yang tidak lagi menentu, memberi dampak pada tingkat produktifitas petani, nelayan, pengrajin dan industri baik industri manufaktur maupun lainnya.

“Strategi mengurangi dampak perubahan iklim harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak dan itu harus dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan kelompok masyarakat secara penuh,” tuturnya.

Para penggiat Fair Trade, penggiat produk organic, pengusaha kecil dan menengah, koperasi serta berbagai gerakan sosial ekonomi yang ada di dunia termasuk di Indonesia, bersatu padu menyerukan gerakan social dan keadilan iklim melalui rangkaian kegiatan Word Fair Trade Day 2022.

Selain anggota, lanjut Netty, FFTI juga bekerjasama dengan beberapa pihak dalam mendukung rangkaian kegiatan WFTD 2022 baik mendukung tehnis kegiatan maupun sebagai narasumber. Pihak-pihak tersebut seperti Kementerian Perdagangan sebagai pendukung utama sekaligus pembicara utama dalam webinar kali ini.

Webinar bertajuk ‘Climate Justice Now!’ akan menghadirkan sejumlah pembicara yaitu Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Fakultas Hukum UGM, WFTO Global dan Ketua HIMKI yang di moderator langsung oleh Ketua FFTI.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments