Home Seni Budaya Festival WWW Borobudur 2020, Memperkenalkan Kembali Nilai Budaya dari Wayang

Festival WWW Borobudur 2020, Memperkenalkan Kembali Nilai Budaya dari Wayang

1029
0
Para nara sumber Festival World Wayang Way (WWW) Borobudur 2020, Tanggal 6-7 November 2020, di Hotel Pondok Tingal Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Pribadi Ki Mujar Sangkerta)

BERNASNEWS.COM — World Wayang Way Borobudur merupakan festival wayang yang menyajikan berbagai ragam dan genre wayang yang ada di Nusantara yang dilakukan setiap tahunnya. World Wayang Way (WWW) Borobudur diadakan dengan tujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan kembali nilai – nilai budaya dari wayang yang dapat dijadikan laku dalam hidup.

Ki Mujar Sangkerta melalui rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Jumat (6/11/2020), menjelaskan, bahwa WWW Borobudur 2020 digelar selama 2 hari, tanggal 6-7 November 2020, di Hotel Pondok Tingal Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. “Sanggar Kinnara Kinnari Borobudur melaksanakan acara ini, bertujuan agar para generasi muda dapat kenal kembali dengan budaya wayang yang telah dimiliki oleh Nusantara,” ungkap Dalang Wayang Kontenporer itu.

Agenda kegiatan WWW Borobudur 2020. (Istimewa)

WWW Borobudur 2020 ini menyajikan beberapa kegiatan seperti, pameran wayang, pagelaran wayang, pemutaran fim layaran dan workshop wayang. Rangkaian kegiatan tanggal 6 November 2020 meliputi, Workshop Wayang yang akan membahas tentang wayang kontemporer ‘Wayang Milehnium Wae’ oleh Ki Mujar Sangkerta dan wayang purwa ‘Tatah Sungging Wayang’ oleh Ki Yulius Iswanto. Pituturan Dongeng Wayang oleh Ki Eko Sunyoto.

Sementara untuk kegiatan WWW Borobudur 2020, tanggal 7 November 2020 antara lain, Pertunjukan Wayang yang akan dilaksanakan oleh dalang muda Ki Noval Ardyansyah dan Layaran Film Wayang oleh Nanang Garuda. Pameran Wayang yang diadakan selama acara ini berlangsung dari Ki Yulius Iswanto, Ki Mujar Sangkerta, Ki Mijan, Ki Sujono, hasil dari workshop di Royal House, dan hasil dari workshop Kalam Prof. Baiquni.

“Rangkaian akhir dari acara WWW Borobudur 2020 adalah giat Laku Wayang yang dilaksanakan dengan Laku Hening (tanpa suara) dari Hotel Pondok Tingal menuju Candi Borobudur,” tutup Ki Mujar Sangkerta. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here