Home Seni Budaya Festival Reyog Jathilan 2019 se DIY: Yogyakarta dan Sleman Juara

Festival Reyog Jathilan 2019 se DIY: Yogyakarta dan Sleman Juara

494
0

BERNASNEWS.COM — Tim Kesenian Kota Yogyakarta memperoleh Juara Pertama Reyog dan Juara Kedua Jathilan dalam event tahunan Festival Reyog Jathilan 2019 se DIY yang digelar oleh Dinas Pariwisata DIY, Minggu (30/06/2019), di Desa Watu Mabur, Mangunan, Bantul, DIY.

Ketua Sanggar Hokya Traditional Dance, Muhammad Habib Wicaksana, kepada Bernasnews.com, melalui pesan whats app (WA), menjelaskan, bahwa Festival Reyog Jathilan seDIY dilaksanakan secara bergilir setiap tahunnya dan gelaran tahun 2019 ini sebagai tuan rumah adalah Kabupaten Bantul.

“Kebetulan grup jathilan yang berada dalam naungan sanggar kami, yaitu Turangga Dewantara Muda ditunjuk oleh Dewan Kota Yogyakarta untuk mewakilinya dan bersyukur mendapatakan juara kedua kategori jathilan. Sedangkan dalam kategori reyog yang diwakili oleh paguyuban meraih juara pertama,”terang Habib.

Pria lajang yang menggeluti seni tari sejak kecil dan membuka sanggar di Jalan Nagan Kulon, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, menambahkan, Grup Jathilan Turangga Dewantara Muda dalam festival tersebut membawakan tarian yang menggambarkan pasukan Pangeran Mangkubumi (HB I) yang gagah perkasa sedang berlatih perang.

“Jathilan yang kami tampilkan dan mendapatkan juara kedua, adalah menggambarkan pasukan Pangeran Mangkubumi yang sedang berlatih perang dan kanugaran. Prajurit dengan gagah perkasa naik kuda saling adu kekuatan, selama berlatih mereka dihibur oleh Penthul dan Bejer sebagai pekatthik atau perawat kuda. Lincah, sigap, lucu, tapi tersirat kedisiplinan tinggi adalah pembawaan Penthul dan Bejer,”kata Habib.

Sementara, daftar pemenang Festival Reyog Jathilan se DIY Tahun 2019, untuk kategori Reyog, Juara 1. Kota Yogyakarta, Juara 2. Kabupaten Sleman, Juara 3. Kabupaten Bantul, Juara Harapan 1. Kabupaten Gunungkidul, Harapan 2. Kabupaten Kulon Progo, dan Harapan 3. Kabupaten Bantul (Tim Pertama). Sedangkan untuk kategori Jathilan, Juara 1. Kabupaten Sleman, Juara 2. Kota Yogyakarta, Juara 3. Kabupaten Gunungkidul, Juara Harapan 1. Kabupaten Kulon Progo, Harapan 2. Kabupaten Bantul (Tim Pertama), dan Harapan 3. Kabupaten Bantul (Tim Kedua).

“Karena Kabupaten Bantul menjadi tuan rumah penyelenggaraan, maka sesuai ketentuan diperbolehkan mengirimkan dua grup tari pada masing-masing kategori reyog dan jathilan. Semoga kedepan festival semacam ini bisa semakin meningkat dan dapat mendatangkan wisatawan ke Jogja,”imbuhnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here